Rektor UTY Lantik Kepala PUSKOM

Rektor UTY Lantik Kepala PUSKOM

Rektor UTY Lantik Kepala PUSKOM

Pengelolaan sistem informasi yang akurat, sangat dibutuhkan untuk mendukung pengambilan keputusan.. Hal ini disebabkan banyaknya informasi dan permasalahan yangsangat kompleks, di era perkembangan teknologi informasi yang sangat cepat saat ini, ungkap Dr. Bambang Moertono Setiawan, MM., Akt., CA Rektor Universitas Teknologi Yogyakarta (UTY) pada acara Pelantikan dan Serah Terima Jabatan Kepala UPT Pusat Komputer (PUSKOM) UTY, Sabtu 12 Oktober 2019. Pelantikan dan serah terima jabatan tersebut dihadiri Ketua Yayasan Dharma Bhakti IPTEK, Rektor beserta para Wakil Rektor, serta para Dekan di lingkungan UTY.

Dalam sambutannya Bambang Moertono menyampaikan bahwa PUSKOM memiliki peran strategis di masa depan, karena semua unit dan bagian akan sangat memerlukan data. Sehingga ia berharap PUSKOM UTY akan menjadi nadi informasi bagi UTY secara menyeluruh. Sebagai pusat data, PUSKOM dituntut untuk dapat melayani kebutuhan semua bagian dan unit-unit yang ada di UTY, terkait data-data yang diperlukan. Di sisi lain semua unit dan bagian-bagian sebagai user dari sistem informasi, juga harus familier dengan dengan produk-produk PUSKOM.“Kehandalan data dari PUSKOM yang terintegrasi ke semua unit dan bagian-bagian akan mempermudah dalam melakukan proses kerja serta pelaporannya yang akurat”, jelas Bambang Moertono. Dengan tersedianya data-data yang akurat tersebut, ia menginginkan semua unit dan bagian-bagian di UTY tidak perlu kerja lembur manakala harus mempersiapkan laporan. Bambang Moertono meyakini bahwa ketersediaan data yang handal tersebut akan mendukung upaya UTY ke depan yang menekankan pada aspek kualitas, baik kualitas SDM, proses pendidikan, pelayanan, maupun sarana prasarananya. Guna menunjang akurasi data dan meningkatkan efektifitas sistem informasi, segera dirancang dashboard system untuk masing-masing tingkatan manajemen, ungkapnya.

Kepada Dodi Hariadi, ST., MEng yang menjabat sebagai Kepala PUSKOM UTY sampai dengan tanggal 11 Januari 2021, Bambang Moertono memberikan ucapan selamat, dan mengucapkan selamat bekerja. Menurutnya, suatu jabatan dan pekerjaan adalah sebuah amanah. Dan jika dapat melayani unt-unit dan bagian di UTY secara baik dan memuaskan, tentunya akan menjadi amal kebaikan. Sedangkan kepada Rianto, MEng yang menjabat Kepala PUSKOM UTY sebelumnya, ia mengucapkan terima kasih, karena telah bekerja dengan baik. Diantaranya telah membenahi program-program yang dapat diterapkan dalam proses pendidikan, serta memudahkan pelayanan khususnya kepada mahasiswa.

Sementara itu Prof. Dr. Hj. Zulhawati, MM selaku Ketua Yayasan Dharma Bhakti IPTEK menyampaikan bahwa keberadaan PUSKOM merupakan bagian penting di era informasi ini. Ia mengingatkan bahwa beban tugas, para pejabat yang menjalankan amanah di UTY termasuk di PUSKOM adalah berat, karena adanya tuntutan dan tantangan untuk terus maju dan berkembang. Namun ia mengingatkan, jika seseorang sudah merasa cukup, maka akan menjadi stagnan/terhenti. Kondisi stagnan ini selanjutnya akan menjadi ketinggalan, tambahnya. Sehingga ia mengajak para pejabat untuk tetap semangat, karena apa yang dilakukan adalah upaya memberi manfaat bagi bangsa dan negara, yang tentunya akan menjadi amal ibadah.

Menurutnya, beratnya tanggungjawab para pengelola perguruan tinggi saat ini, karena ukuran keberhasilan tidak lagi sebatas input – output saja. Tetapi berupa outcome dari perguruan tinggi tersebut, berupa jumlah lulusan yang dapat segera terserap kerja di dunia kerja atau berwirausaha. Semoga keberadaan PUSKOM dapat mendukung proses pendidikan di UTY, dan dapat memotivasi dan menginspirasi mahasiswa untuk dapat belajar lebih luas dan mendalam baik pada bidang ilmu yang digeluti maupun ilmu lain yang mendukung, dengan menyediakan kemudahan akses melalui jaringan internet yang ada di UTY, sehingga lulusan akan lebih mudah terserap kerja. Untuk itu ia menyampaikan bahwa Yayasan akan berusaha memfasiltasi kebutuhan PUSKOM UTY.

menu
menu