Sanggar Kerja Dosen, Tingkatkan Kualitas Pembelajaran

Sanggar Kerja Dosen, Tingkatkan Kualitas Pembelajaran

Sanggar Kerja Dosen, Tingkatkan Kualitas Pembelajaran

Komitmen untuk meningkatkan kualitas layanan pendidikan kepada mahasiswa, akan terus ditingkatkan seiring dengan semakin berkembangnyaUniversitas Teknologi Yogyakarta. Termasuk diantaranya peningkatan kualitas pembelajaran dalam hal penyampaian materi perkuliahan oleh dosen. Dosen harus memunyai kemampuan menyampaikan materi sesuai perkembangan zaman. Penggunaan teknologi menjadi sesuatu yang tak dapat dipisahkan, ungkap Dr. Arief Hermawan, MT Wakil Rektor 1 Bidang Akademik dan Riset UTY dalam kegiatan ‘Sanggar Kerja’ bagi dosen UTYpada Rabu 6 November 2019 di Kampus 1 UTY..

Selaku pemateri, Arief Hermawan menyampaikan berbagai hal yang terkait dengan tuntutan keprofesionalitasan sebagai seorang dosen. Menurutnya, dosen harus mampu menyampaikan materi dengan baik, sehingga materi mudah dipahami oleh mahasiswa. Kemampuan berkomunikasi yang baik serta peduli terhadap kesulitan mahasiswa, menjadi hal yang tidak boleh dikesampingkan, tambahnya.

Lebih lanjut Arief Hermawan mengungkapkan bahwa dosen saat ini tidak lagi sebagai penyampai materi belaka, namun harus berperan sebagai fasilitator dalam setiap aktivitas mengajar di kelas. Perkuliahan, harus diwarnai oleh tukar pikir dan gagasan dari mahasiswa. Materi kuliah bukan serta-merta berasal dari dosen semata. “Saat ini, bukan zamannya dosen hanya men-send-kan materi, namun lebih dari itu, dosen harus meyakinkan diri bahwa materi yang di-send-kan tersebut harus benar-benar ter-delivered,” kata Arief.

menu
menu