Studi Lapangan Mahasiswa UTY : Belajar Teknologi Informasi Masa Depan Dan Energi Terbarukan

Studi Lapangan Mahasiswa UTY : Belajar Teknologi Informasi Masa Depan dan Energi Terbarukan

Bermaksud meningkatkan wawasan dan pengetahuan tentang perkembangan operasional lapangan terkini dalam dunia industri, sebanyak 101 mahasiswa Universitas Teknologi Yogyakarta melakukan studi lapangan ke Jakarta dan Bandung pada Senin - Kamis 17 - 20 Februari 2020. Dalam kegiatan tersebut para mahasiswa yang berasal dari Prodi Informatika dan Prodi Sistem Informasi, melakukan studi lapangan ke PT. Xynexis International, Indonesia Indicator, PT. Multimatics Indonesia, Komisi Informasi Pusat (KIP), dan ke Balai Besar Teknologi Konversi Energi, Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (B2TKE-BPPT).

Joko Aryanto, S.Kom., M.Kom Dosen Pembimbing studi lapangan tersebut menyampaikan bahwa studi lapangan ke perusahaan-perusahaan memberikan banyak manfaat bagi mahasiswa, terkait pengembangan ilmu yang diperoleh di bangku kuliah dan implementasinya dalam dunia industri atau bisnis. Menurutnya, dipilihnya perusahaan-perusahaan yang bergerak dalam dunia cyber security  dan perusahaan yang merancang produk software berbasis teknologi informasi masa depan yakni big data, data scientific/scientist, deep web dan data technology tersebut memberikan pengalaman tersendiri bagi mahasiswa, terkait  kebutuhan informasi untuk pengambilan keputusan secara efektif dari perusahaan-perusahaan saat ini, yang dihadapkan dengan masalah yang komplek dan data yang melimpah (big data).

Dengan studi lapangan tersebut mahasiswa memperoleh gambaran nyata bagaimana cara dan proses mengumpulkan data, mengolah, menganalisa, dan menyajikan informasi, untuk pengambilan keputusan.  Lebih lanjut  Joko Aryanto menyampaikan bahwa potensi akademik mahasiswa sangat terasah dengan belajar langsung di perusahaan yang merancang dan mengelola software dengan kecerdasan (artificial intelligence), yang mampu bekerja 24 jam secara real time, dan otomatis melakukan media monitoring untuk mengumpulkan content media online, cetak, dan TV, serta melakukan analisis sebagaimana yang dilakukan manusia.

Selain itu, para mahasiswa juga melakukan studi lapangan ke B2TKE-BPPT. Di Balai ini, para mahasiswa belajar bagaimana  pengembangan inovasi dan penerapan teknologi energi, untuk mendorong pertumbuhan industri energi serta penerapan teknologi energi yang efisien, handal dan ramah lingkungan untuk memberikan solusi permasalahan energi nasional. “Pemahaman dan kesadaran generasi muda akan pentingnya energi terbarukan menjadi sangat penting, untuk mengurangi ketergantungan dengan energi fosil yang akan habis jika terus-menerus diambil”, kata Joko Aryanto yang didampingi dosen pembimbing lainnya yakni Fadil Indra Sanjaya, S.Kom., M.Kom.


menu
menu