Teknik Industri UTY Bekali Mahasiswa Hadapi Revolusi Industri

Teknik Industri UTY Bekali Mahasiswa Hadapi Revolusi Industri

Teknik Industri UTY Bekali Mahasiswa Hadapi Revolusi Industri

Tantangan di era revolusi industri begitu besar. Diperlukan upaya untuk meningkatkan daya saing dan kemampuan diri. Selain itu, efisiensi dan efektivitas dalam bekerja perlu ditekankan. Itulah hal yang dibahas dalam stadium general “Sustainability and Humanity in Industry 4.0” yang diadakan oleh Prodi Teknik Industri Universitas Teknologi Yogyakarta (UTY) pada 26 Oktober lalu.

Kegiatan yang dilaksanakan di Kampus 2 UTYini menghadirkanIr. H. Susanto Sudiro. M.Sc, Ph.D., dan Ali Syarief. S.T. Keduanya merupakan liaison officer dan quality health safety environment manager dari PT. Mega Andalan Kalasan Yogyakarta. Lebih kurang 260 peserta yang terdiri dari mahasiswa dan dosen Teknik Industri UTY hadir dalam kegiatan itu. Kegiatan ini bertujuan untuk mengenalkan ruang lingkup teknik industri kepada mahasiswa baru.

Susanto Sudiro menyampaikan pentingnya kemampuan mendesain dan coding. Kedua kemampuan itu harus dikuasasi oleh seorang yang berlatar bekakang keilmuan teknik industri. Terlebih di era saat ini yang dipenuhi oleh persaingan bisnis yang ketat dan kompetitif. “Di era Industri 4.0 saat ini, pemanfaatan teknologi di semua bidang adalah hal yang niscaya,” papar Susasnto. “Sebab, saat ini proses produksi mengutamakan upaya efisiensi dan efektivitas penggunaan sumber daya secara berkelanjutan,” lanjutnya.

Kaprodi Teknik Industri, Widya Setiafindari, S.T., M.Sc., mengatakan bahwa kegiatan studium general ini memberikan masukan mengenai pengembangan kurikulum yang lebih baik lagi. Penggunaan software ERP (Enterprise Resource Planning) yang telah mengintegrasikan business process menjadi hal yang tak dapat dikesampingkan.

“Kami berharap agar acara ini dapat memberi manfaat kepada semua. Kerjasama berkelanjutan dengan berbagai perusahaan sangat kami harapkan. Minimal untuk menempatkan mahasiswa melaksanakan kuliah kerja atau magang,” papar Widya.

menu
menu