Tim UTY Jadi Best Pilot Dan Juara 2 Lomba Aeromodelling UI 2018

Tim UTY Jadi Best Pilot dan Juara 2 Lomba Aeromodelling UI 2018

Prestasi membanggakan di tingkat nasional dalam bidang aero modelling, barusaja ditorehkan oleh Tim Mahasiswa UTY.

Tim Mahasiswa UTY yang menamakan diri TIM DORTU yang terdiri dari Raden, Dwi Anggoro, dan Muh Azizan, telah mengikuti Lomba Aeromodelling yang merupakan Perlombaan Model Pesawat Fixed Wing Indoor Flight yang dikontrol secara manual menggunakan radio control.

Dalam kejuaraan yang diselenggarakan oleh Ikatan Mahasiswa Teknik Mesin Universitas Indonesia bertajuk “Mechanical and Marine Engineering National Exposition (MMENE) 2018”, tersebut tim DORTU meraih prestasi sebagai Best Pilot dan menjadi Juara 2.Dalam even besar tahunan MMENE UI 2018 yang diikuti oleh perguruan-perguruan tinggi baik negeri maupun swasta di Indonesia tersebut, Juara 1 diraih tim Sayapmakara dari Universitas Indonesia, dan Juara 3 oleh tim AMV dari UGM.

Dwi Anggoro menyampaikan bahwa aspek-aspek yang dinilai dalam lomba tersebut terdiri dari aerodinamika pesawat,konstruksi pesawat,komponen elektrik yang digunakan, daninovasi yang dilakukan. Sedangkan parameter Best Pilot meliputi kestabilan pesawat yang diterbangkan pilot, jumlah waktu yang dibutuhkan untuk melewati rintangan dan jumlah rintangan yang mampu dilewati oleh pilot, tambahnya.

Dr. Arief Hermawan, MT Wakil Rektor I Bidang Akademik UTY menyampaikan bahwa pesawat tanpa awak yang memiliki keunggulan dapat menghindarkan korban jiwa manusia apabila digunakan pada tempat-tempat atau area yang sangat beresiko, telah menjadi perhatian khusus di berbagai negara untuk mengembangkannya, termasuk Indonesia. Di Era modern ini pesawat tanpa awak telah dikembangkan untuk keperluan militer, riset, pemetaan wilayah, pengintaian dan penjagaan perbatasan, dan Search and Resque.

Sejalan dengan semakin dibutuhkannya pesawat tanpa awak di era modern , maka UTY senantiasa ikut memberi perhatian dalam pengembangan pesawat tanpa awak tersebut. Iapun mengapresiasi prestasi mahasiswa UTY di bidan aero modelling tingkat nasional tersebut.

menu
menu