Transportasi Mempengaruhi Aspek Sosial

Transportasi Mempengaruhi Aspek Sosial

Transportasi Mempengaruhi Aspek Sosial

Seiring dengan meningkatnya jumlah penduduk beserta mobilitasnya, masalah transportasi menjadi semakin penting untuk dipecahkan, terutama di perkotaan. Banyaknya masalah transportasi pada saat ini perlu dikendalikan dengan adanya transportasi yang berkelanjutan.

“Aspek transportasi merupakan bagian penting dalam Pembangunan Berkelanjutan (Sustanaible Development). Perencanaan transportasi berkelanjutan (Suistanable Transportation) mendorong upaya mewujudkan Pembangunan Berkelanjutan (Sustanaible Development). Suistanable Transportation yang direncanakan harus memberikan dampak yang baik atau tidak membahayakan bagi kesehatan masyarakat maupun lingkungan dan dapat memenuhi kebutuhan mobilitas secara konsisten”, kata Dr. Yori Herwangi, ST., MURP Staff Pengajar Magister Perencanaan Wilayah Kota Universitas Gadjahmada Yogyakarta dalam kuliah umum yang bertajuk “Aspek Sosial dalam Transportasi’ yang diselenggarakan oleh Prodi Perencanaan Wilayah Kota Universitas Teknologi Yogyakarta, pada hari Sabtu, 17 Maret 2018.

Dalam kesempatan itu Yori Herwangi juga membahas secara rinci bagaimana strategi agar suistanable transportation dapat menjangkau semua kalangan masyarakat. Termasuk strategi dan alternatif-alternatif penerapan suistanable transportation bagi masyarakat di wilayah perkotaan, guna memecahkan dan memberikan solusi terhadap berbagai kategori kesulitan mobilitas yang mendesak untuk diselesaikan atau setidaknya dapat dikendalikan. Keteraturan dalam transportasi sangat mempengaruhi tatanan sosial dalam kehidupan masyarakat. Ia mencontohkan bagaimana kehidupan sosial di negara-negara yang sistem transportasinya telah dikelola dengan baik. Begitu pula sebaliknya.

Ketua program studi Perencanaan Wilayah dan Kota, Ratika Tulus Wahyuhana S.T., M.T dalam sambutannya menyampaikan bahwa diselenggarakannya kuliah umum tersebut sebagai upaya Prodi PWK UTY untuk mendorong mahasiswa agar secara kritis dapat melihat berbagai permasalahan yang berkembang di masyarakat terkait dengan penataan wilayah kota. Iapun akan terus secara aktif menggali permasalahan yang muncul di masyarakat atau yang potensial akan menjadi masalah dalam penataan wilayah di masa depan.

Beberapa mahasiswa yang mengikuti acara tersebut menyampaikan bahwa acara kuliah umum dengan mendatangkan para ahli dan praktis pada bidang masing-masing tersebut memberikan wawasan yang luas dan menjadi bekal tersendiri bagi mahasiswa.
menu
menu