Ungkap Kecemasan, Mahasiswa Psikologi Juara Kompetisi Poster Nasional

Ungkap Kecemasan, Mahasiswa Psikologi Juara Kompetisi Poster Nasional

Ungkap Kecemasan, Mahasiswa Psikologi Juara Kompetisi Poster Nasional

Kecemasan kerap menjadi penghalang seseorang untuk memperoleh apa yang dicitakan. Padahal, kerap ditemui, realitas yang terjadi jauh dari kecemasan yang dibayangkan. Itulah tema yang diangkat Rara Ayu Paradise, mahasiswi prodi Psikologi UTY dalam kompetisi poster tingkat nasional. yang diselenggarakan oleh Ikatan Lembaga Mahasiswa Psikologi Indonesia (ILMPI) Nasional. Dalam kompetisi yang diumumkan pada tanggal 1 Nopember 2019 tersebut Rara berhasil meraih prestasi sebagi juara ketiga. Dengan tema“You are not alone,” Rara menggali ide tentang kecemasan yang sering dialami seseorang.

Menurut Rara, seseorang kerap berada di dalam kecemasannya sendiri. Kecemasan dilambangkan dengan moster besar. Monster itu menjadi penghalang seseorang untuk memahami lingkungan sekitar. Padahal di luar kecemasan itu, banyak orang yang peduli dan mau membantu. Namun,karena kecemasan yang telah berlebihan, maka seseorang merasa dirinya hidup sendiri.

Rara mengaku bahwa ide membuat poster ini memakan waktu lima hari. “Untuk lomba kali ini, ide yang saya temukan lumayan cepat daripada biasanya,” tutur Rara yang berasal dari Klaten ini. “Prestasi ini menjadi penyemangat setelah berkali-kali gagal dalam kompetisi yang saya ikuti,” lanjutnya.

Aneke Dewi Rahayu, S.Psi., M.A., Ketua Prodi Psikologi, merasakan kebanggannya atas prestasi yang diperoleh Rara. Aneke selalu memacu mahasiswa Prodi Psikologi lainnya agar dapat mengikuti jejak Rara. Tidak pantang menyerah dan selaluterus berjuang.

menu
menu