UTY Buka Puasa Bersama Anak Panti Asuhan

UTY Buka Puasa Bersama Anak Panti Asuhan

UTY Buka Puasa Bersama Anak Panti Asuhan.

Sebagaimana yang sudah dilakukan secara rutin setiap tahun, Universitas Teknologi Yogyakarta (UTY) menyelenggarakan acara Pengajian Akbar dan buka bersama anak-anak Panti Asuhan. Acara yang digelar di Masjid Kampus 1 UTY pada Jum’at 17 Mei 2019 tersebut dihadiri oleh sekitar 2.000 anak Panti Asuhan dan jamaah umum. Mereka berasal dari 37 Panti Asuhan yang tersebar di berbagai daerah di Daerah Istimewa Yogyakarta. Adapun Pengajian Akbar disampaikan oleh Ustadz Ananto Wibowo dari Yogyakarta.

Dalam kata sambutannya, Rektor UTY Dr. Bambang Moertono Setiawan, MM., Akt, CA mengucapkan terima kasih atas kehadiran para jamaah, khususnya anak-anak Panti Asuhan pada acara tersebut. Ia menyampaikan bahwa bulan Ramadhan merupakan bulan yang baik untuk berbagi kepada sesama, termasuk kepada anak-anak Panti Asuhan. Ia juga mohon do’a kepada para jamaah agar UTY dapat mengemban amanah pendidikan dengan baik, yakni dapat mendidik mahasiswa menjadi generasi yang sholih/sholihah yang berahlak mulia, serta memiliki masa depan yang cerah. Ia juga mohon doa atas cita-cita dan keinginan UTY, agar dapat terkabul. Dalam kesempatan itu UTY memberikan santunan kepada Panti-panti Asuhan yang hadir dalam acara buka puasa bersama tersebut, dan anak-anak yatim/duafa yang dikelola oleh Masjid-masjid sekitar Kampus. Penyerahan santunan kepada Panti-panti Asuhan secara simbolis disampaikan oleh Rektor UTY dan Ketua Dewan Pembina Yayasan Dharma Bhakti IPTEK Drs. H Iskandar Abdurrahman.

Dalam tausiahnya, Ustadz Ananto Wibowo yang akrab dengan sapaan Ustad Anand menyampaikan berbagai kemuliaan bulan Ramadhan. Menurutnya, sudah seharusnya bulan Ramadhan yang mulia ini diisi dengan amal ibadah yang lebih baik. Dengan cara penyampaian yang menarik diselingi dengan menyanyikan lagu ber-genre rock, Ustad Anand yang dulunya seorang rocker tersebut menjelaskan bahwa dalam bulan Ramadhan Allah memberikan kesempatan yang luar biasa kepada umatnya. Yakni di sepertiga awal, Allah menurunkan rahmatNya, di sepertiga kedua (tengah) Allah memberikan ampunan dan di sepertiga akhir Allah menjanjikan umatnya terbebas dari siksa neraka. Untuk itu, ia mengajak para jamaah untuk dapat memanfaatkan kesempatan yang luar biasa dari Allah tersebut. Selain itu di bulan ramadhan terdapat Lailatul Qodar, dimana alloh melipatgandakan sebagaimana ibadah dalam 1000 bulan. “Sungguh sangat disayangkan jika kita melewatkan begitu saja kesempatan emas yang diberikan Allah tersebut” kata Ustadz Anand.

Kepada anak-anak dari Panti asuhan Ustadz Anand berpesan untuk belajar yang sungguh-sungguh, baik belajar agama maupun belajar ilmu-ilmu umum yang dipelajari di sekolah. Ia mendoakan agar anak-anak dari berbagai Panti Asuhan tersebut nantinya bisa orang yang sukses dan bahagia dunia akhirat.

menu
menu