UTY Siapkan Adaptasi Kebiasaan Baru Proses Pendidikan

UTY Siapkan Adaptasi Kebiasaan Baru Proses Pendidikan

UTY Siapkan Adaptasi Kebiasaan Baru Proses Pendidikan

Adaptasi Kebiasaan Baru yang digaungkan pemerintah disikapi oleh Universitas Teknologi Yogyakarta (UTY), dengan upaya untuk menyiapkan Adaptasi Kebiasaan Baru proses belajar mengajar dan proses pendidikan yang merupakan amanah mulia dari sebuah lembaga pendidikan tinggi. Rektor UTY Dr. Bambang Moertono Setiawan, MM., Akt., CA menyampaikan bahwa selain meningkatkan ilmu pengetahuan dan ketrampilan, proses pendidikan juga membangun karakter. Menurutnya pendidikan untuk pembentukan karakter sulit dilakukan melalui proses daring. Upaya adapatasi proses pendidikan di UTY tersebut dilakukan secara selektif, dengan sebelumnya telah memperhitungkan segala kemungkinan dan resiko, serta menerapkan protokol kesehatan pencegahan Covid-19 secara ketat, ungkap Bambang Moertono. 

Dalam acara Sosialisasi Perilaku dan Kurikulum Baru tanggal 15 -16 Juli 2020 yang dihadiri oleh seluruh Tenaga Pendidik UTY yang dibagi dalam tiga sesi, serta pertemuan dengan para Tenaga Kependidikan UTY beberapa waktu lalu, Rektor UTY meminta seluruh tenaga pendidik dan tenaga kependidikan untuk tetap berupaya menyediakan layanan dan proses pendidikan yang berkualitas di tengah pandemi Covid-19, yang kita semua belum tahu kapan berakhirnya. Dihadapan para tenaga pendidik, Bambang Moertono mengajak untuk menjadikan pandemi ini sebagai semangat baru. Lebih lanjut, dalam kesempatan itu  disampaikan tagline UTY yakni #UTY Tidak Libur, #Jaga Jarak, dan #Jaga Kesehatan. Ajakan untuk terus bersemangat tersebut disambut antusias oleh para tenaga pendidik dan tenaga kependidikan yang selama pandemi ini semua hak-haknya telah diberikan penuh sebagaimana saat sebelum pandemi.   

Menurut Bambang Moertono, kreatifitas dan inovasi dalam pelayanan pendidikan dengan memanfaatkan teknologi dan menerapkan strategi-strategi yang tepat, merupakan salah satu yang harus dilakukan dalam rangka menerapkan adaptasi kebiasaan baru.  Untuk itu, Bambang Moertono sangat menekankan adanya perubahan perilaku seluruh civitas academica UTY yang terdiri dari Tenaga Pendidik, Tenaga Kependidikan dan Mahasiswa. Adapun kebiasaan baru tersebut diantaranya, selalu berperilaku hidup sehat, menggunakan masker, menjaga jarak, pengukuran suhu tubuh dan cuci tangan. Bambang Moertono meyakinkan bahwa perubahan dalam hal proses pendidikan dilakukan dengan terus mendasarkan aturan-aturan pemerintah, dan survey-survey atau penelitian tentang bagaimana bisa melakukan proses pendidikan yang efektif dan berkualitas, serta tetap melakukan protokol kesehatan pencegahan penyebaran Covid-19. Adapun proses dengan tatap muka telah dilakukan pada Penerimaan Mahasiswa Baru dan Bimbingan Tugas Akhir, dengan protokol kesehatan yang sangat ketat. 

Sementara itu Bahagia Tarigan, SE., MSi, Akt., CA., CPA Wakil Rektor Bidang Sumber Daya dan Keuangan UTY menyampaikan bahwa UTY sangat peduli dan terus memperhatikan kesehatan seluruh Civitas Academica UTY terutama dalam upaya pencegahan penyebaran Covid-19. Di bidang sarana prasarana, dilakukan penyemprotan disinfektan rutin ke semua ruang, tempat layanan dan dan tempat-tempat umum. Selain itu disiapkan tempat-tempat cuci tangan hand sanitizer di berbagai tempat. Publikasi bagaimana perilaku sehat dan petunjuk untuk segera ke klinik jika ada keluhan juga ditempel di beberapa tempat strategis, ungkap Bahagia Tarigan.  

Sedangkan di sisi sumber daya manusia, UTY secara berkala melakukan survey kesehatan dan riwayat perjalanan serta kontak yang dilakukan, kepada seluruh tenaga pendidik dan kependidikan untuk meyakinkan kesehatan seluruh tenaga yang melayani mahasiswa. Proses pengukuran suhu badan juga diterapkan kepada setiap orang saat memasuki area Kampus UTY. 


menu
menu