UTY Tambah Dua Prodi Baru : Prodi Informatika Medis Dan Prodi Destinasi Pariwisata

UTY Tambah Dua Prodi Baru : Prodi Informatika Medis dan Prodi Destinasi Pariwisata

Mengawali tahun 2020 ini Universitas Teknologi Yogyakarta (UTY), menambah dua Program Studi baru yakni Prodi Informatika Medis Program Sarjana, dan Prodi Destinasi Pariwisata Program Diploma IV.  Penyerahan SK Kemendikbud RI terkait pembukaan dua Prodi tersebut dilaksanakan di Kampus 1 UTY Sabtu, 11 Januari 2019. Surat Keputusan diberikan langsung oleh Sekretaris Jendral Kemendikbud RI, Prof. Ainun Na’im, Ph.D., Ak., kepada Kepala L2DIKTI Wilayah V Yogyakarta, Prof. Dr. Didi Achjari, S.E., M.Kom., Ak. Dari Kepala L2DIKTI kemudian diserahkan kepada Ketua Yayasan Dharma Bhakti IPTEK, Prof. Dr. Hj. Zulhawati, M.M., dan selanjutnya diserahkan kepada Rektor UTY, Dr. Bambang Moertono S., MM, Ak., CA.

 Acara penyerahan SK tersebut, selain disaksikan oleh beberapa pejabat L2Dikti, Pengurus Yayasan Dharma Bhakti IPTEK, Jajaran Pimpinan UTY,  juga disaksikan oleh para Pimpinan dari 33 perusahaan berskala Nasional yang melakukan penandatanganan MoU dengan UTY, usai acara penyerahan SK tersebut.  

Dalam sambutannya, Bambang Moertono menyampaikan bahwa UTY akan selalu berupaya untuk menyiapkan lulusan yang memiliki kompetensi yang relevan dengan dunia industri.

Saat ini, UTY melakukan perombakan kurikulum yang disesuaikan dengan perkembangan teknologi dan lingkungan. Kurikulum yang disusun diarahkan agar memebrikan kompetensi yang relevan dengan dunia kerja, ungkap Bambang Moertono. Guna       membekali mahasiswa agar siap menjawab tuntutan jaman, diantaranya diberikan kemampuan coding dan big data untuk semua prodi. Sedangkan untuk lebih menyiapkan lulusan dengan dunia kerja, dilakukan program magang yang dilakukan secara intensif. Program magang intensif akan dimulai pada semester genap Tahun Akademik 2019/2020. Dengan kerjasama dengan industri tersebut, menjadi sarana transfer knowledge dan transfer teknologi, dimana mahasiswa selain mendapat ilmu di kampus juga di dunia industri. 

Pada kesempatan itu pula, Bambang Moertono mengucapkan terima kasih kepada para Komisaris, Direktur Utama, Direktur dan para Pimpinan dari 33 perusahaan yang hadir untuk melaksanakan penandatangan MoU dengan UTY. Bambang Moertono berharap melalui program magang  yang intensif tersebut, selain memberikan bekal bagi mahasiswa untuk lebih siap kerja, juga dapat memberikan kemanfaatan bagi perusahaan. Bambang Moertono menambahkan bahwa dalam bidang penelitian, dosen-dosen diarahkan untuk dapat berorientasi pada penelitian tepat guna.

Sementara itu Prof. Didi Achjari, dalam sambutannya menyampaikan apresiasinya kepada UTY yang telah membaca kebutuhan jaman secara inovatif. Ia menyampaikan bahwa Prodi Informatika Medis UTY, merupakan prodi Informatika Medis pertama di Indonesia. Didi Achjari juga menyampaikan bahwa tahun 2019, UTY telah membuka Prodi Data Science, yang juga merupakan Prodi Data Science pertama di Indonesia. Ia berharap upaya kreatif dan inovatif UTY termasuk kehadiran prodi-prodi baru tersebut akan menjadikan UTY semakin berkembang.

Usai acara Penyerahan SK dan Penandatanganan MoU, Sekjen Kemendikbud, Kepala L2Dikti, Para Pimpinan Perusahaan dan Jajaran Pimpinan UTY melakukan peninjauan Gelar Expo Teknologi & Start Up Industri Kreatif Mahasiswa UTY.


menu
menu