UTY Tambah Jumlah Doktor Baru Di Bidang Artificial Intelligence

UTY Tambah Jumlah Doktor Baru di Bidang Artificial Intelligence

UTY Tambah Jumlah Doktor Baru di Bidang Artificial Intelligence

Universitas Teknologi Yogyakarta (UTY) kembali sambut Doktor Baru. Kali ini, Dr. Eng. Arif Pramudwiatmoko, S.T., M.Eng, yang merupakan dosen dari Prodi Teknik Komputer UTY, berhasil menyelesaikan pendidikan doktornya (S3), pada Bidang Artificial Intelligence di School of Computing, Tokyo Institute of Technology, Jepang. Lulusnya Arif Pramudwiatmoko, pada Program Doktoral di bidang Artifial Intelligence ini, kembali menambah deretan jumlah dosen UTY yang bergelar Doktor.


Dalam rangka menyelesaikan pendidikan S3-nya tersebut, Arif Pramudwiatmoko diketahui, mengangkat judul desertasi "Tensegrity representation of static elastic model for large-scale biomolecules in an interactive haptic virtual reality environment". Penelitian tersebut, merupakan hasil dari riset gabungan, yang didanai oleh New Energy and Industrial Technology Development Organization (NEDO) Japan. Adapun, dalam rangka menempuh pendidikan S3-nya tersebut di Jepang, Arif Pramudwiatmoko diketahui berhasil, memperoleh beasiswa secara penuh dari Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP), Kementerian Keuangan, Republik Indonesia.


Melalui pesannya, Arif mengucapkan rasa syukur dan terima kasih, atas dukungan yang selama ini UTY berikan kepadanya. Sehingga kemudian, ia dapat menyelesaikan pendidikannya tersebut. Lebih lanjut, Arif juga menyatakan, akan segera kembali ke UTY, dan dalam waktu dekat, berniat untuk segera melakukan penelitian lanjutan, atas penelitian yang telah diteliti olehnya, saat menempuh pendidikan doktoralnya kemarin.


“Saya dalam waktu dekat, akan segera kembali masuk kerja, dan berharap dapat segera, mengaplikasikan semua pengetahuan yang saya dapat, saat menempuh pendidikan S3 kemarin. Saya juga memiliki keinginan untuk segera, melakukan kolaborasi penelitian kembali, baik dengan rekan penelitian saya, ketika saya di Jepang kemarin, dan juga mengajak dosen UTY lainnya yang berminat, untuk melakukan penelitian lanjutan, yang telah saya lakukan sebelumnya, saat menempuh pendidikan doktoral kemarin” ucap Arif.


Rektor UTY, Dr. Bambang Moertono Setiawan, MM., Akt., CA, mengapresiasi atas keberhasilan, Arif Pramudwiatmoko selaku dosen UTY, yang baru saja menyelesaikan studi S3-nya tersebut. Lebih lanjut, Bambang menyatakan bahwa, memiliki harapan yang besar kepada Arif Pramudwiatmoko, untuk dapat memberikan dan mengaplikasikan secara maksimal, pengetahuan yang diperolehnya saat menempuh pendidikan S3-nya kemarin, kepada mahasiswa dan rekan kerja dosen lainnya.


Selain itu, dalam pesannya, Bambang kembali menjelaskan, dengan bertambahnya jumlah dosen yang bergelar doktor di UTY, merupakan bentuk komitmen UTY, untuk selalu mendukung dan mendorong setiap dosen di UTY, untuk segera melanjutkan studi hingga S3. Hingga saat ini, diketahui pula masih terdapat 12 dosen UTY lainnya, yang sedang menempuh studi S3, baik didalam negeri maupun luar negeri.


“Semakin bertambahnya jumlah dosen UTY yang bergelar doktor, merupakan salah satu bentuk komitmen UTY, untuk senantiasa mendukung dan mendorong setiap dosen UTY untuk segera melanjutkan pendidikan, hingga program doktoral. Hal ini dilakukan, sebagai bentuk keseriusan UTY, yang senantiasa untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan pengajaran di UTY. Hingga kemudian, dapat semakin mempermudah untuk menggapai cita-cita UTY, yang selalu berkomitmen, untuk dapat menghasilkan lulusan, yang diharapkan dapat cepat lulus, cepat berkarir, dan cepat sukses” ucap Bambang dalam pesannya. 


menu
menu