UTY Wisuda Secara Daring Dan Drive Through

UTY Wisuda Secara Daring dan Drive Through

UTY Wisuda Secara Daring dan Drive Through

Masih dalam suasana pandemi Covid-19, Universitas Teknologi Yogyakarta (UTY), menyelenggarakan acara wisuda Periode I TA 2019/2020, pada tanggal 27 Oktober 2020, secara daring dan drive through dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat, di  Kampus 1 UTY Jl. Siliwangi Ringroad Utara Jombor Sleman Yogyakarta. Pada periode ini UTY meluluskan 614 orang, terdiri dari terdiri dari Program Diploma 3 berjumlah 46 lulusan, Program Sarjana berjumlah 558 lulusan dan Program Magister berjumlah 10 lulusan. Prosesi wisuda tetap dilakukan sebagaimana standar prosesi wisuda saat sebelum pandemi, sehingga kesan formal dan unsur kekhidmatan upacara wisuda tetap terjaga. Wisudawan menuju arena prosesi wisuda dengan kendaraan masing-masing.

Secara pribadi maupun atas nama UTY, Rektor UTY Dr. Bambang Moertono Setiawan, SE., MM.,Akt.,CA. mengucapkan selamat atas keberhasilan para wisudawan/wisudawati menyelesaikan studi, seraya berpesan untuk tidak berpuas diri, karena banyak tantangan yang harus dihadapi di kemudian hari. “Cintailah orang tua anda, serta mintalah selalu do’a kedua orang tua dalam setiap langkah dan kesempatan”, pesannya.

Dalam sambutan wisuda tersebut, Bambang Moertono menyampaikan bahwa di era sekarang teknologi Artificial Intellegence atau kecerdasan buatan telah bergeser dari ranah teori akademik ke integrasi fungsional di seluruh sektor industri. Dengan artificial intellegence data yang sangat banyak (big data) yang dibutuhkan di setiap aspek ekonomi digital dapat diproses dan dianalisis dalam waktu yang singkat. Mengantisipasi perubahan lingkungan tersebut, UTY merancang dan menerapkan kurikulum baru yang telah dirancang sejak tahun 2017. Kurikulum yang didesain memberikan ruang belajar yang luas bagi mahasiswa, untuk menjadi generasi unggul yang penuh dengan kreatifvitas dan inovasi, dengan harapan mahasiswa akan cepat lulus, cepat berkarir dan cepat sukses. Dalam kurikulum baru tersebut semua mahasiswa akan dibekali dengan pengetahuan baru yaitu coding dan big data.

Bambang Moertono mengungkapkan bahwa kurikulum tersebut sesuai dengan kurikulum Perguruan Tinggi yang dicanangkan pemerintah pada awal tahun 2020 dengan nama kurikulum “Kampus Merdeka”. Selain menerapkan kurikulum baru, upaya UTY menyikapi adanya perkembangan tersebut dengan UTY menjalin dan mengembangkan kerjasama dengan pola ABGC, yaitu dengan Akademik, Bisnis, Government, dan Community (asosiasi profesi).

Mengakhiri sambutannya Rektor UTY menyampaikan perkembangan UTY khususnya dalam bidang sumber daya manusia. Saat ini, 8 dosen UTY sedang melanjutkan studi ke Universitas di Luar Negeri dan 13 orang di dalam negeri. Dalam masa pandemi ini, 5 dosen telah berhasil menyelesaikan studi doktoralnya. Dalam kesempatan itu, Bambang Moertono juga mengucapkan selamat atas prestasi yang diraih mahasiswa dan alumni di tingkat internasional dan nasional, diantaranya Juara favorit 2 (People Choice) desain bandara internasional dalam Kompetisi desain arsitektur internasional 2020 yang diselenggarakan oleh Fentress Global Challange – Amerika Serikat. Juara 1 dalam SKALA Design Competition "Green Open Space: The breathable architecture of human and environment".  Juara 1 dalam Kompetisi Video Kreatif Tema: “Covid 19". Juara 2 dalam I-SAT IX "Young Creativepreneurs Excelling in Eco Technology for Empowering Indonesia". Juara 2 dalam Lomba Aspal Nasional Civil Classical Fest 2020. Dan Juara 3 dalam Business Plan Competition BION 4.0.

menu
menu