Fakultas Humaniora (d/h Fakultas Ilmu Budaya)

FAKULTAS HUMANIORA (d/h FAKULTAS ILMU BUDAYA)

TENTANG FAKULTAS HUMANIORA

Fakultas Humaniora merupakan penyatuan dari Fakultas Ilmu Budaya (FIB), Fakultas Psikologi  (F Psi.) dan dua program studi (Prodi) yaitu Prodi Ilmu Komunikasi dan Prodi Hubungan Internasional yang sebelumnya masuk ke Fakultas Bisnis dan Teknologi Informasi (FBTI)  Universitas Teknologi Yogyakarta. Penyatuan ini mulai efektif pada tahun akademik 2017/2018. Fakultas Ilmu Budaya sendiri  merupakan perubahan bentuk dari Akademi Bahasa Asing ‘Yogyakarta’ (ABAYO) yang pada tahun 2002 melakukan merger dengan Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi ‘Yogyakarta’ (STIEYO) dan STIMIK Dharma Bangsa menjadi Universitas Teknologi Yogyakarta (UTY). Saat merger nama fakultas ini adalah Fakultas Sastra dan Budaya (FSB) dan memiliki tiga Prodi, yaitu Prodi S1 Sastra Inggris, D3 Bahasa Inggris dan D3 Bahasa Jepang. Pada tahun 2011, FSB berubah menjadi FIB.

Saat ini Fakultas Humaniora memiliki 6 (enam) Prodi, yaitu; Prodi S1 Sastra Inggris, Prodi S1 Psikologi, Prodi S1 Ilmu Komunikasi, Prodi S1 Hubungan Internasional, Prodi D3 Bahasa Inggris dan Prodi D3 Bahasa Jepang.

 

Visi Fakultas Humaniora:

 

 Menjadi fakultas yang terpercaya di bidang ilmu humaniora dan ilmu sosial di Indonesia tahun 2022.

 

Misi Fakultas Humaniora:           

  1. Menyelenggarakan pendidikan terbaik di bidang ilmu humaniora dan ilmu sosial bagi para mahasiswa agar mereka berprospek menjadi sumber daya manusia yang kompeten dan berdaya saing sehingga dapat memberikan kontribusi terbaik bagi bangsa dan mempunyai daya saing tinggi.
  2. Menyelenggarakan  penelitian yang bermanfaat bagi pengembangan ilmu dan bagi masyarakat serta mempublikasikannya pada jurnal ilmiah baik pada tingkat nasional maupun internasional.
  3. Menyelenggarakan kegiatan pengabdian masyarakat yang berorientasi pada peningkatan kualitas kehidupan masyarakat
  4. Menjalin kerja sama dengan instansi pemerintah maupun swasta, baik dari dalam maupun luar negeri.

 

Tujuan Fakultas Humaniora:

  1. Menghasilkan lulusan yang bermoral, memiliki kualifikasi akademik dan profesional tinggi, memiliki dedikasi dan skill yang tinggi dalam bidang profesinya dan  mampu memanfaatkan ilmu pengetahuan dalam bidang ilmu humaniora dan ilmu sosial untuk memasuki karir profesional,  dan menjadi wirausahawan bermotivasi tinggi dengan tetap menjunjung tinggi nilai-nilai etika dan moral.
  2. Menghasilkan dan mengembangkan penelitian yang bermanfaat bagi pengembangan ilmu dan bagi masyarakat serta mempublikasikannya pada jurnal ilmiah baik pada tingkat nasional maupun internasional.
  3. Menghasilkan pengabdian masyarakat yang berorientasi pada peningkatan kualitas kehidupan masyarakat.
  4. Melaksanakan kerjasama di bidang pendidikan, penelitian, pengabdian kepada masyarakat dan kegiatan profesional dengan pemerintah, swasta dan badan-badan lain pada tingkat nasional dan internasional