Fakultas Pendidikan

Fakultas Pendidikan (FPD) Universitas Teknologi Yogyakarta (UTY) merupakan fakultas yang didirikan pada tahun 2013 oleh Universitas Teknologi Yogyakarta.Yayasan yang menaungi UTY adalah Yayasan Dharma Bhakti IPTEK. Fakultas Pendidikan (FPD) mengelola 3 program studi, yaitu Program Studi (PS) Bimbingan dan Konseling, PS Pendidikan Teknologi Informasi dan PS Pendidikan Bahasa Inggris. Berikut PS dan statusnya di bawah naungan Fakultas Pendidikan UTY.

No Program Studi Jenjang
1 Bimbingan dan Konseling S1
2 Pendidikan Teknologi Informasi S1
3 Pendidikan Bahasa Inggris S1

1. Visi Fakultas Pendidikan

“Menjadi fakultas yang kompeten, penghasil insan pendidik cerdas dan kompetitif dengan pemanfaatan teknologi di Indonesia pada tahun 2022.“

Fakultas yang kompeten yang ingin dicapai, di tahun 2022 dimaksudkan bahwa Fakultas Pendidikan kompeten dalam pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi. Artinya Fakultas Pendidikan dapat memberikan kemajuan untuk bangsa dan Negara melalui hasil-hasil penelitian dan aktivitas pengabdian kepada masyarakat serta lulusan yang bermanfaat bagi kemajuan masyarakat dan Negara. Pendidik cerdas dimaksudkan Fakultas Pendidikan diharapkan mampu menghasilkan pendidik kompeten yang memiliki intelektual yang baik dalam membangun peradaban bangsa dan siap berkompetisi di tingkat global. Selanjutnya pemanfaatan teknologi dimaksudkan bahwa Fakultas Pendidikan memanfaatkan teknologi dalam pelaksanaan Tri Dharma PerguruanTinggi.

2. Misi Fakultas Pendidikan

  • Menyelenggarakan program pendidikan yang kompeten dan professional,berakhlaq mulia dalam rangka menciptakan insan pendidik yang mengembangkan ilmu pengetahuan dengan pemanfaatan teknologi.
  • Menyelenggarakan program pendidikan yang berwawasan global, peka terhadap tuntutan perubahan dunia pendidikan, dan berjiwa enterpreuner.
  • Menyelenggarakan program penelitian kependidikan yang berbasis pada masyarakat dengan pemanfaatan teknologi.
  • Melaksanakan program pengabdian kepada masyarakat di bidang kependidikan dengan pemanfaatan teknologi informasi yang berwawasan global. Program pengabdian ini sebagai bentuk kepedulian institusional terhadap pembangunan pendidikan nasional dalam rangka menghadapi tantangan bangsa di era global.

 

3. Tujuan Fakultas Pendidikan
Tujuan penyelenggaraan Fakultas Pendidikan UTY adalah sebagai berikut:

  1. Menghasilkan pendidik yang kompeten dan professional, berakhlaq mulia dalam rangka menciptakan insan pendidik yang mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi.
  2. Menghasilkan pendidik yang berwawasan global peka terhadap tuntutan perubahan dunia pendidikan, dan berjiwa enterpreuner.
  3. Menghasilkan penelitian pendidikan yang berbasis pada masyaraka dengan pemanfaatan teknologi.
  4. Menghasilkan pengabdian kepada masyarakat di bidang pendidikan dengan pemanfaatan teknologi informasi yang berwawasan global. Program pengabdian ini sebagai bentuk kepedulian institusional terhadap pembangunan pendidikan nasional dalam rangka menghadapi tantangan bangsa di era global.

Profil Program Studi Bimbingan & Konseling

Visi

Menjadi Program Studi yang kompeten dalam pelayanan profesional bimbingan dan konseling dengan penekanan pada pemanfaatan teknologi informasi di Indonesia tahun 2022.

 Misi

  1. Menyelenggarakan pendidikan bimbingan dan konseling sesuai dengan konteks kerja profesionalnya dengan penekanan muatan materi teknologi informasi dan pembelajaran
  2. Mengadakan penelitian dan pengabdian masyarakat yang memberikan kontribusi pembelajaran di bidang bimbingan dan konseling dengan memanfaatkan teknologi informasi
  3. Membangun jejaring dengan institusi pendidikan maupun non-pendidikan khususnya dalam bidang keilmuan bimbingan dan konseling

 Tujuan

  1. Menghasilkan lulusan strata 1 bimbingan dan konseling yang profesional, siap bekerja sebagai tenaga pendidik atau non kependidikan serta tenaga ahli konseling
  2. Memiliki peran dalam pembangunan nasional melalui jalur pendidikan khususnya di bidang bimbingan dan konseling dengan memperluas akses masyarakat untuk mendapatkan pendidikan bimbingan dan konseling yang berkualitas dan terjangkau
  3. Menghasilkan karya ilmiah yang tepat guna di bidang bimbingan dan konseling dengan pemanfaatan teknologi informasi dan pembelajaran
  4. Menyelenggarakan kegiatan pengabdian masyarakat dibidang-bidang yang terkait dengan bimbingan dan konseling berbasis pemanfaatan teknologi dan informasi sebagai upaya untuk memberdayakan masyarakat dan membangun masyarakat yang berbasis ilmu pengetahuan.
  5. Memperluas kompetensi keilmuan mahasiswa dalam bidang bimbingan dan konseling di berbagai setting kerja, dengan cara membangun jejaring dengan berbagai institusi pendidikan dan non pendidikan.

Prodi Pendidikan Teknologi Informasi

Visi

Menjadi Program Studi Pendidikan Teknologi Informasi yang  terkemuka dalam bidang teknologi pembelajaran dan pendidikan karakter  di  Indonesia tahun 2022.

Misi

  1. Menyelenggarakan pendidikan terbaik bagi para mahasiswa di bidang pendidikan teknologi informasi dengan penguatan pada bidang teknologi pembelajaran dan pendidikan karakter  yang mampu beradaptasi dengan kekinian ilmu di bidangya serta relevan dengan kebutuhan masyarakat.
  2. Menyelenggarakan penelitian yang inovatif dan produktif untuk meningkatkan kualitas pendidikan teknologi informasi.
  3. Menyelenggarakan pengabdian dan menjalin kerjasama dengan masyarakat dalam memanfaatkan ilmu pengetahuan dan teknologi guna meningkatkan kesejahteraan hidup masyarakat.

Tujuan

  1. Menghasilkan lulusan yang memiliki kompentensi  di bidang pendidikan teknologi informasi, dengan penguatan pada bidang  teknologi pembelajaran,  berkarakter unggul dan  mampu beradaptasi dengan kekinian ilmu di bidangnya  serta relevan dengan kebutuhan masyarakat
  2. Menghasilkan penelitian inovatif yang memberikan kontribusi bagi kemajuan pendidikan teknologi informasi.
  3. Menghasilkan program-program pengabdian kepada masyarakat dan menjalin kerjasama dengan lembaga pendidikan, industri dan institusi pemerintahan.

Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris

Visi

 Menjadi program studi yang kompeten dan profesional dalam pembelajaran Bahasa Inggris dengan didukung muatan teknologi di Indonesia tahun 2022.

Misi

  1. Menyelenggarakan pembelajaran pendidikan Bahasa Inggris yang berkualitas untuk menghasilkan tenaga kependidikan dan non-kependidikan di bidang Bahasa Inggris yang unggul dan berkepribadian.
  2. Menyelenggarakan penelitian di bidang pendidikan Bahasa Inggris yang berkualitas dan bermanfaat bagi pengembangan masyarakat.
  3. Menyelenggarakan pengabdian masyarakat di bidang pendidikan Bahasa Inggris untuk mewujudkan masyarakat yang cerdas, kreatif dan inovatif.
  4. Menyelenggarakan kerjasama dengan berbagai pihak untuk meningkatkan kualitas prodi, sehingga tata kelola kelembagaan prodi berjalan secara efektif dan efisien

Tujuan

  1. Menghasilkan lulusan yang mumpuni dalam bidang pengajaran Bahasa Inggris (ELT) yang didukung oleh kemampuan teknologi informasi sehingga dapat digunakan untuk pembelajaran di kelas dan di luar kelas.
  2. Menghasilkan penelitian dan pengabdian yang memberi kuntribusi positif bagi kemajuan ilmu pengetahuan dan dunia pendidikan yang dapat diterapkan dalam memajukan masyarakat.
  3. Menjalin dan memelihara hubungan kerjasama dengan masyarakat, institusi pemerintah, maupun swasta, termasuk kalangan bisnis, pariwisata dan perguruan tinggi lain untuk menggali kebutuhan stakeholder guna mempertahankan keberadaan dan memperkuat posisi persaingan di tingkat lokal, maupun nasional.

a.       Menyelenggarakan program pendidikan yang kompeten dan professional, berakhlaq mulia dalam rangka menciptakan insan pendidik yang mengembangkan ilmu pengetahuan dengan pemanfaatan teknologi.

b.      Menyelenggarakan program pendidikan yang berwawasan global, peka terhadap tuntutan perubahan dunia pendidikan, dan berjiwa enterpreuner.

c.       Menyelenggarakan program penelitian kependidikan yang berbasis pada masyarakat dengan pemanfaatan teknologi.

d.      Melaksanakan program pengabdian kepada masyarakat di bidang kependidikan dengan pemanfaatan teknologi informasi yang berwawasan global. Program pengabdian ini sebagai bentuk kepedulian institusional terhadap pembangunan pendidikan nasional dalam rangka menghadapi tantangan bangsa di era global.