Fakultas Sains dan Teknologi

Selamat datang di Fakultas Sains dan Teknologi (FST) UTY. FST UTY memiliki 6 program studi dengan prospek karier yang baik. Dengan didukung oleh dosen-dosen lulusan S2 dan S3 dari dalam maupun luar negeri, FST berkomitmen untuk menghasilkan lulusan Sarjana (S1) yang tidak saja mampu menjadi tenaga profesional, tetapi juga mampu berwirausaha dan mampu melanjutkan studi ke jenjang yang lebih tinggi. Dengan perangkat keras dan perangkat lunak yang dimilikinya, FST berupaya keras mendidik para mahasiswa menjadi lulusan yang literate dalam teknologi informasi dan komunikasi. Kurikulum tidak saja ditekankan pada teori dan praktek, tetapi juga didekatkan ke dunia kerja melalui kerja praktek mahasiswa diberbagai instansi (pemerintah maupun swasta) dan perusahaan.

Visi

Visi FST UTY adalah menjadi Fakultas Sains dan Teknologi yang terkemuka dalam pemberdayaan teknologi, di wilayah Indonesia pada tahun 2016.

Misi

Misi FST UTY adalah sebagai berikut :

  1. Menyelenggarakan pendidikan terbaik bagi para mahasiswa agar mereka berprospek menjadi sumber daya manusia pada berbagai profesi, industri, dan bisnis dan mampu memberdayakan teknologi sehingga dapat memberikan kontribusi terbaik bagi bangsa dan mempunyai nilai kompetitiveness dengan fakultas di perguruan tinggi lainnya.
  2. Menyelenggarakan penelitian dalam rangka pemberdayaan teknologi guna memberikan solusi terhadap permasalahan yang muncul di masyarakat.
  3. Mengembangkan pengabdian dan kerjasasama dengan masyarakat secara luas, guna memanfaatkan teknologi untuk meningkatkan kesejahteraan hidup dan menghadapi tantangan-tantangan besar bangsa di masa depan

Tujuan

Tujuan pendidikan yang dilakukan oleh FST UTY adalah :

  1. Menghasilkan lulusan yang berakhlak mulia, mempunyai pengetahuan dan keterampilan untuk memasuki dan mengembangkan karir professionalnya, memimpin korporasi masa depan, dan menjadi wirausahawan bermotivasi tinggi dengan tetap menjunjung tinggi hukum dan nilai-nilai etika/moral yang ada di masyarakat
  2. Memanfaatkan sebesar-besarnya potensi teknologi untuk meningkatkan efisiensi pembelajaran, dan penyebarluasan sains dan teknologi.
  3. Menghasilkan dan mengembangkan program-program penelitian, yang inovatif dan responsive terhadap kebutuhan masyarakat.
  4. Menghasilkan program-program pengabdian dan memelihara sebaik-baiknya hubungan kerja sama dengan masyarakat, institusi pemerintah maupun swasta untuk mempertahankan keberadaan dan memperkuat posisi persaingan di tingkat lokal, maupun nasional.

__________________________________________________________________________________________

Kurikulum masing-masing prodi adalah sebagai berikut :

Teknik Informatika – S1

Teknik Industri – S1

Teknik Sipil – S1

Teknik Elektro – S1

Arsitektur – S1

Sistem Komputer – S1