Fakultas Teknologi Informasi dan Elektro

PROFIL FAKULTAS TEKNOLOGI INFORMASI DAN ELEKTRO

Fakultas Teknologi Informasi dan Elektro merupakan fakultas hasil pemekaran dari Fakultas Teknologi Informasi dan Bisnis (FITB). Saat ini rumpun ekonomi dimekarkan menjadi Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB).

Fakultas Teknologi Informasi dan Elektro (FTIE) saat ini mengelola program studi – program studi yang prospektif. Program studi – program studi di Fakultas Teknologi Informasi dan Elektro (FTIE) telah terakreditasi oleh Badan Akreditasi Nasional – Perguruan Tinggi (BAN-PT) :

  1. Sistem Informasi (D3), Terakreditasi A oleh BAN-PT.
  2. Sistem Informasi (S1), Terakreditasi B oleh BAN-PT.
  3. Informatika (S1), Terakreditasi A oleh BAN-PT.
  4. Teknik Komputer (S1), Terakreditasi B oleh BAN-PT.
  5. Teknik Elektro (S1), Terakreditasi B oleh BAN-PT.
  6. Program S2 Informatika (dalam proses perijinan di Kemristekdikti).

Fakultas Teknologi Informasi dan Elektro (FTIE) dikelola oleh SDM (Sumber Daya Manusia) yang profesional dibidangnya. Staf pengajar (dosen) di Fakultas Teknologi Informasi dan Elektro (FTIE)  terdiri atas Doktor dan Master / Magister di bidang Ilmu Komputer / Informatika dan Teknologi Informasi serta Elektro, merupakan lulusan dari berbagai universitas terkemuka dari dalam maupun luar negeri. Saat ini beberapa dosen sedang menyelesaikan studi doktoralnya di beberapa perguruan tinggi di luar negeri seperti di Jepang dan Malaysia. Beberapa dosen juga telah lulus dalam menempuh sertifikasi internasional bidang I/T. Dosen-dosen di Fakultas Teknologi Informasi dan Elektro (FTIE)  juga terlibat aktif dalam berbagai organisasi keilmuan dan asosiasi profesi :

  1. BAN-PT (Badan Akreditasi Nasional – Perguruan Tinggi),
  2. APTIKOM (Asosiasi Pendidikan Tinggi Informatika dan Komputer),
  3. IAENG (International Association of Engineers),
  4. SDIWC (Society of Digital Information and Wireless Communications),
  5. IndoCEIS (Indonesian Computer, Electronics and Instrumentation Support Society), dll.

Dosen-dosen di Fakultas Teknologi Informasi dan Elektro (FTIE) mempunyai ketertarikan dalam penelitian dengan riset area :  

Artificial Intelligence, Big Data, Bio Infromatics, Biomedical Signal Acquisition and Recognition, Computational Physics, Computer Hardware, Cryptography, Data Mining, Database, Deep Learning, Digital Marketing, Digital Technology & Service Integration, Distributed Database, E-business, Electronics Instrumentation and data acquisition, Enterprise Architecture, Evolutionary Computation, Expert Systems, Fuzzy Optimization, Human – Robot Interaction, Human Computer Interaction, Image Processing, Information Security, Information System : Information System Audit, Intelligent Agent, Linier Programming, Machine Learning, Medical Electronics, Mobile Programming, Nano Technology : Nano Satellite, Networking : Networking & Database Enginering, Neural Network, Nonlinear Control System, Operation Research, Optimization, Parallel Processing, Pattern Recognition, Programming, Robotics : Robotic Vision and Artificial Intelligent, Robotics balancing and movement control, Security & Data Forensic, Simultaneous Localization and Mapping (SLAM), Soft Computing, Software as a Service, Software Development, Software Engineering, Steganography, Transmission System, Watermarking, Web Programming.

Visi – FTIE

Menjadi Fakultas yang unggul dalam karakter dengan penguasaan Teknologi Informasi dan Elektro serta berwawasan global pada tahun 2022 di wilayah Indonesia

Misi – FTIE

  1. Menyelenggarakan pendidikan terbaik di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi khususnya bidang teknologi informasi dan elektro bagi para mahasiswa agar mereka berprospek menjadi sumber daya manusia dan pimpinan pada berbagai profesi, industri, dan bisnis sehingga dapat memberikan kontribusi terbaik bagi bangsa dan mempunyai daya saing tinggi dalam era kompetisi.
  2. Menyelenggarakan penelitian dan pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi khususnya bidang teknologi informasi dan elektro untuk menegakkan kemajuan dalam disiplin akademik dan profesional.
  3. Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat, institusi dan lembaga pemerintahan maupun swasta dalam rangka pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi, memanfaatkan ilmu pengetahuan dan teknologi khususnya bidang teknologi informasi dan elektro untuk meningkatkan kesejahteraan hidup masyarakat sekaligus menjalin kerjasama dengan berbagai kalangan baik dalam maupun luar negeri dalam rangka pengembangan dan peningkatan kualitas FTIE UTY.

Tujuan – FTIE                      

  1. Menghasilkan lulusan yang unggul dalam problem solving, komunikasi, kritis, kreatif, dan mampu berkolaborasi sehingga mampu memanfaatkan ilmu pengetahuan dan teknologi khususnya bidang teknologi informasi dan elektro untuk memasuki karir profesional, memimpin korporasi masa depan, dan menjadi wirausahawan bermotivasi tinggi dengan tetap menjunjung tinggi nilai-nilai etika dan moral kemanusiaan.
  2. Menghasilkan dan mengembangkan program-program pendidikan, penelitian dan pengabdian pada masyarakat yang inovatif dan tanggap terhadap tuntutan akademik dan profesi khususnya bidang teknologi informasi dan elektro.
  3. Meningkatkan efektivitas dan efisiensi pembelajaran dan penyebarluasan ilmu pengetahuan dan teknologi khususnya bidang teknologi informasi dan elektro serta menghasilkan kerjasama yang berkualitas untuk memperkuat karakter dan mengembangkan organisasi.