Fakultas Pendidikan

Fakultas Pendidikan (FPD) Universitas Teknologi Yogyakarta (UTY) merupakan fakultas yang didirikan pada tahun 2013 oleh Universitas Teknologi Yogyakarta.Yayasan yang menaungi UTY adalah Yayasan Dharma Bhakti IPTEK. Fakultas Pendidikan (FPD) mengelola 3 program studi, yaitu Program Studi (PS) Bimbingan dan Konseling, (PS) Pendidikan Teknologi Informasi dan (PS) Pendidikan Bahasa Inggris. Kualitas Program Studi dapat dilihat dari hasil akreditasi BAN PT, sebagaimana ditunjukkan pada tabel di bawah. Pada tabel tersebut dapat diketahui berdaearkan SK BAN-PT bahwa pada tahun 2017 terdapat 2 Program Studi yang memperoleh akreditasi B, yakni Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris dan Program Studi Pendidikan Teknologi Informasi. Saat ini terdapat 1 Program Studi masih Akreditasi C yaitu PS Bimbingan dan Konseling yang sedang menunggu proses visitasi reakreditasi.

Sesuai dengan perkembangan Ilmu pengetahuan dan teknologi dan era revolusi industri 4.0 serta tuntutan Stakeholders, Fakultas Pendidikan UTY berupaya untuk menghasilkan lulusan yang berkualitas yaitu sarjana pendidikan yang kompeten dan professional berkontribusi bagi peningkatan mutu sumber daya manusia di Indonesia. Dengan adanya tuntutan tersebut, Fakultas Pendidikan UTY berupaya secara konsisten meningkatkan proses Pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi pada setiap Program Studi, sehingga memiliki mutu dan kualitas pelayanan yang baik dan hal tersebut perlu dipertahankan dan ditingkatkan kualitasnya untuk waktu yang akan datang, dengan adanya mutu dan kualitas pelayanan yang baik diharapkan kepuasan dari pengguna (stake holders) akan semakin baik.

VISI

Menjadi fakultas yang kompeten, penghasil sarjana pendidikan cerdas berkarakter dan kompetitif dengan pemanfaatan teknologi di Indonesia pada tahun 2024.

MISI

  1. Menyelenggarakan program sarjana pendidikan yang kompeten dan professional, berakhlaq mulia dalam rangka menciptakan insan pendidik yang mengembangkan ilmu pengetahuan dengan pemanfaatan teknologi
  2. Menyelenggarakan program sarjana pendidikan yang berwawasan global dan memiliki karakter yang baik dan kepekaan terhadap tuntutan perubahan dunia pendidikan serta berjiwa enterpreuner.
  3. Menyelenggarakan program penelitian kependidikan yang berbasis pada masyarakat dengan pemanfaatn teknologi.
  4. Melaksanakan program pengabdian kepada masyarakat di bidang kependidikan dengan pemanfaatan teknologi informasi yang bermanfaat bagi masyarakat. Program pengabdian ini sebagai bentuk kepedulian institusional terhadap pembangunan pendidikan nasional dengan menjalin kerjasama dan jejaring dalam rangka menghadapi tantangan bangsa di era global.

TUJUAN

  1. Menghasilkan sarjana pendidikan yang kompeten, berakhlaq mulia yang mengembangkan ilmu pengetahuan dan pemanfaatan teknologi.
  2. Menghasilkan sarjana pendidikan yang berwawasan global, peka terhadap tuntutan perubahan dunia pendidikan, dan berjiwa enterpreuner.
  3. Menghasilkan penelitian di bidang pendidikan yang berbasis teknologi dan berdaya guna bagi masyarakat.
  4. Menghasilkan pengabdian kepada masyarakat di bidang pendidikan dengan pemanfaatan teknologi informasi yang bermanfaat bagi masyarakat. Program pengabdian ini sebagai bentuk kepedulian institusional terhadap pembangunan pendidikan nasional dengan menjalin kerjasama dan jejaring dalam rangka menghadapi tantangan bangsa di era global.
menu
menu