Biaya hidup di Yogyakarta relatif murah dibanding kota besar lain di Indonesia, apalagi di daerah sekitar Universitas Teknologi Yogyakarta. Di sekitar kampus tersedia banyak rumah sewaan/kontrakan/kost yang bisa disewa bulanan, bahkan sekaligus dalam kisaran tahun. Rerata biaya sewa per bulan per kamar antara Rp150.000,00 – Rp200.000,00 dengan atau tanpa biaya listrik. Sedangkan untuk biaya sewa rumah, ada pada kisaran Rp2.000.000,00 – Rp4.000.000,00 untuk rumah dengan 2 – 5 kamar dengan biaya listrik ditanggung penghuni. Kisaran biaya tersebut diperoleh dari mahasiswa yang menyewa rumah/kost di sekitar UTY, dan khusus untuk lingkungan Kampus I UTY di Jombor.

Sedangkan untuk daerah Kota Yogyakarta, dimana Kampus II dan Kampus III UTY berada, biaya sewa kamar kost per bulan per kamar kisaran Rp200.000,00 – Rp300.000,00 dengan atau tanpa biaya listrik. Biaya sewa rumah dengan 2 – 5 kamar tidur ada pada kisaran Rp3.000.000,00 – Rp6.000.000,00 dengan biaya listrik ditanggung penghuni.

Jarak rumah tinggal tersebut relatif dekat, antara 2 – 3 KM dari kampus UTY. Namun bila mahasiswa menghendaki untuk sewa rumah yang agak jauh dipersilahkan mencari sendiri. UTY tidak menyediakan tempat tinggal khusus bagi mahasiswa, akan tetapi UTY bisa membantu mencarikan kost/rumah sewa melalui mahasiswa kami.

Harga Makanan

Soal kuliner, Jogja terkenal memiliki keberagaman kuliner yang kompleks. Mulai dari kulinari khas Jogja seperti Gudeg, Jadah, dan aneka penganan lain hingga kuliner dari luar Kota Yogyakarta. Semuanya tersaji rapi dengan biaya yang relatif terjangkau untuk kantong mahasiswa, apalagi di daerah pemukiman mahasiswa seperti di sekitar Kampus UTY. Menurut mahasiswa kami, harga makan untuk sepiring nasi sayur + tempe/ayam/ikan/lainnya berkisar Rp3.000,00 – Rp5.000,00 hal ini pula sebagaimana penuturan mahasiswa kami yang tinggal di daerah Kota Yogyakarta.

Sedangkan untuk selingan makanan, mahasiswa biasa menikmati aneka hidangan Pecel Lele atau kombinasi gorengan yang dipenyet di warung ‘Lamonganan’ yang harganya relatif murah. Alternatif lainnya bisa menikmati Mie Rebus di warung Burjo yang menjamur di sepanjang jalanan Yogyakarta.

Tidak mau ketinggalan, ANGKRINGAN, model warung sederhana yang menjajakan nasi kucing dan gorengan serta wedang jahe yang harganya sangat murah. Rp1.000,00 untuk sebungkus nasi kucing, dan Rp3.000,00 untuk menu hemat nasi kucing + gorengan + wedang jahe yang dijamin membuat perut kenyang dan hati senang.

Transportasi dan Akomodasi Lain

Soal transportasi ada banyak solusi untuk menyelesaikannya, UTY secara khusus tidak menyediakan bus mahasiswa atau transportasi massal khusus lain, akan tetapi di sekitar kampus tersedia moda transportasi yang cukup lengkap. Untuk bepergian ke sembarang tempat, mahasiswa bisa menggunakan jasa TransJogja yang merupakan moda transportasi unggulan di Yoggyakarta. Harganya Rp3.000,00 ke semua jurusan dan telah melayani untuk seluruh objek wisata di Yogyakarta, alternatif lain menggunakan angkot (angkutan kota). Ada banyak macam angkutan kota di Yogyakarta, mulai dari bus seperti metro mini di Jakarta atau mobil kecil.

Ada pula becak, taxi, ojek motor sebagai alternatif lain. Sekarang ini tersedia pula jasa Taxi Motor yang bisa dipanggil kapan dan dimana saja untuk mengantar kemana saja. Jadi, jangan bingung kalau mau berwisata sembari refreshing setelah kuliah, semua bisa ditempuh dengan angkutan umum dan tidak harus membawa sepeda motor sendiri. Banyak pula mahasiwa yang menggunakan transportasi sepeda, beberapa dosen di UTY juga ada, dan beberapa mahasiswa sudah membentuk komunitas sepeda untuk meunjang hobi yang sama.

Kampus I, Jalan Ringroad Utara, Jombor, Sleman 55285 | Kampus II, Jalan Glagahsari No.63 Umbulharjo, Yogyakarta 55164 | Kampus III, Jalan Prof. Dr. Soepomo, S.H. No.21 Janturan, Umbulharjo, Yogyakarta 55165
Copyright © 2012 Universitas Teknologi Yogyakarta · RSS · Designed by UTY ICT CENTER