Visi & Misi Program Studi Bahasa Jepang

PRODI D3 BAHASA JEPANG

TENTANG PRODI D3 BAHASA JEPANG

Proses pendidikan Program Studi D3 Bahasa Jepang dirancang sesuai standar internasional yang menitikberatkan pada 4 (empat) kemampuan dasar berbahasa yaitu mendengar/menyimak (choukai), berbicara (kaiwa), membaca (dokkai), dan menulis (kana dan kanji), dtambah pemahaman lintas budaya Indonesia-Jepang (Ii Bunka Rikai) serta bimbingan praktik budaya Jepang seperti upacara minum teh (Chanoyu), seni melipat kertas Jepang (origami), cara memakai kimono dan yukata (kitsuke), kaligrafi Jepang (shodo) dan chigiri-e. Semua dosen pernah mengikuti Overseas Japanese Teacher Training Program di Urawa Jepang. Sejalan dengan kurikulum yang menitikberatkan kepada kemampuan berbahasa Jepang di bidang perhotelan dan pariwisata, program studi menjalin kerja sama dengan beberapa hotel di Jepang (Osaka, Kyoto, Shirahama, Sapporo dll). Sejak tahun 2016 program studi telah memberangkatkan 12 orang mahasiswa untuk mengikuti praktik lapangan di hotel Jepang. Harapannya mahasiswa yang telah mengikuti praktik lapangan di Jepang dapat bersaing di dunia kerja bertaraf internasional.

 

Visi Prodi D3 Bahasa Jepang:

Menjadi program studi  D-3 Bahasa Jepang yang terpercaya di bidang bahasa Jepang di Indonesia tahun 2022.

Misi Prodi D3 Bahasa Jepang:

  1. Menyelenggarakan pendidikan dan pembelajaran yang unggul guna menyiapkan lulusan menjadi anggota masyarakat yang kompeten dalam berbahasa Jepang.
  2. Menyelenggarakan penelitian yang unggul dalam ilmu bahasa, budaya kerja Jepang, yang temuannya bermanfaat bagi pengembangan ilmu dan kesejahteraan masyarakat.
  3. Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat yang berorientasi pada pemberdayaan masyarakat melalui penerapan ilmu bahasa Jepang, budaya kerja Jepang, dan pariwisata.

 

Tujuan Prodi D3 Bahasa Jepang:

  1. Menghasilkan lulusan yang unggul dan profesional dalam bidang bahasa Jepang secara praktis dan memiliki wawasan budaya kerja Jepang sehingga dapat dimanfaatkan untuk pengembangan dirinya.
  2. Menghasilkan penelitian dan mengembangkan ilmu bahasa Jepang.
  3. Menyediakan wahana pembelajaran dalam bidang bahasa dan budaya kerja Jepang bagi masyarakat melalui program pengabdian masyarakat serta menciptakan dan memelihara kerja sama dengan masyarakat dan lembaga lain.
  4. Memiliki jaringan kerjasama luas di bidang pendidikan, penelitian, pengabdian kepada masyarakat dan kegiatan profesional dengan pemerintah, swasta dan badan-badan lain pada tingkat nasional dan internasional dengan membangun, mengembangkan dan memelihara nilai-nilai tradisi dan budaya masyarakat.