Visi & Misi Program Studi Teknik Elektro

Program Studi Teknik Elektro Universitas Teknologi Yogyakarta diselenggarakan untuk pertama kalinya pada tahun 2003 berdasarkan SK Dirjen Pendidikan Tinggi Nomor 237/Dikti/O/2002 pada tanggal 23 Oktober 2002 dan bernaung dibawah Yayasan Dharma Bhakti IPTEK. Program Studi Teknik Elektro pada awalnya berada dibawah Fakultas Sains & Teknologi, selanjutnya mulai Agustus 2018 berada dibawah Fakultas Teknologi Informasi & Elektro.

Visi, Misi dan Tujuan

Visi

Menjadi program studi Teknik Elektro yang unggul dalam karakter dengan penguasaan bidang sistem kendali, robotika, energi listrik berbasis teknologi informasi dan komunikasi serta berkarakter dan berwawasan global pada tahun 2024 di wilayah Indonesia.

 Misi

  • Menyelenggarakan pendidikan terbaik di bidang Sistem kendalii, robotika, energi listrik berbasis TIK bagi para mahasiswa agar mereka berprospek menjadi sumber daya manusia yang profesional dalam berbagai bidang kerja, industri, dan bisnis berbasis teknologi sehingga dapat memberikan kontribusi terbaik bagi bangsa dan mempunyai nilai competitiveness dengan program studi sejenis lainnya.
  • Menyelenggarakan  penelitian dan pengembangan sains dan teknologi  di bidang Sistem kendali, robotika, energi listrik berbasis TIK, untuk menegakkan kemajuan dalam disiplin akademik dan profesional.
  • Menyelenggarakan pengabdian dan menjalin kerjasama dengan masyarakat, institusi / lembaga, memanfaatkan sains dan teknologi  khususnya di bidang sistem kendali, robotika, energi listrik berbasis TIK untuk meningkatkan kesejahteraan hidup dan menghadapi tantangan-tantangan besar bangsa di masa depan.

 Tujuan

  • Menghasilkan lulusan yang berakhlak mulia, menguasai pengetahuan teknologi listrik, elektronika, teknik kendali dan teknologi informasi sehingga dapat menggunakan disiplin sains dan rekayasa untuk membangun Sistem kendali, robotika, energi listrik, dan sistem berbasis TIK (Teknologi informasi dan komunikasi), memimpin korporasi masa depan, dan menjadi wirausahawan berbasis teknologi yang bermotivasi tinggi dengan tetap menjunjung tinggi hukum dan nilai-nilai etika/ moral yang ada di masyarakat.
  • Memanfaatkan sebesar-besarnya  potensi teknologi untuk meningkatkan efisiensi pembelajaran dan penyebarluasan sains dan teknologi.
  • Menghasilkan dan mengembangkan program-program penelitian yang inovatif dan responsif terhadap kebutuhan masyarakat.

Menghasilkan program-program pengabdian dan memelihara sebaik-baiknya hubungan kerja sama dengan masyarakat, institusi pemerintah maupun swasta untuk mempertahankan keberadaan dan memperkuat posisi persaingan di tingkat lokal, maupun nasional.