Kebersamaan Dalam Meningkatkan Kreasi dan Seni

Setiap manusia tentu memiliki jiwa seni. Jika aktivitas kehidupan manusia tidak memiliki unsur kesenian maka aktivitas tersebut akan terkesan kaku. Namun jiwa seni seseorang termasuk mahasiswa ada yang menonjol dan ada yang biasa-biasa saja. Untuk memberi wadah bagi mahasiswa yang berminat untuk menunjang kegiatan akademisnya dengan kegiatan berkesenian, di Universitas Teknologi Yogyakarta (UTY) terdapat UKM Kesenian Campoer Seni. Berbagai kegiatan seni ditampung dan dikembangkan di UKM tersebut, ungkap Drs. Surya Darmawan, MM Wakil Rektor 3 Bidang kemahasiswaan Universitas Teknologi Yogyakarta (UTY). 

Setiap tahun ajaran, UKM Campoer Seni melakukan perekrutan anggota baru. Dari hasil perekrutan tahun 2017, pada tanggal 21-22 Januari 2017 diadakan kegiatan Pelatihan dan Pendidikan Dasar Di Kawasan Wisata Kaliurang. Kegiatan pelatihan ini secara rutin diadakan setiap tahun. Mengusung tema “Menciptakan Pribadi Yang Berprestasi, Kreatif, Inovatif Serta Memiliki Rasa Tanggung Jawab Yang Tinggi”, kegiatan ini diikuti oleh puluhan mahasiswa sekaligus untuk menyambut anggota baru. Campoer Seni yang mewadahi kegiatan fotografi, film, tari dan  modelling ini memiliki berbagai kegiatan rutin yang menarik.

Anggota baru Campoer Seni melakukan kegiatan outdoor berupa fun games

Para anggota diberikan pemahaman tentang sejarah Campoer Seni, jenis-jenis kegiatan yang dilakukan dalam kegiatan rutin, serta prestasi yang pernah diraih. Tidak ketinggalan, untuk menjadi pedoman dan arahan kegiatan yang berlangsung dalam satu tahun kedepan, UKM Campoer Seni juga membahas serta menetapkan Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga (AD ART) yang berlaku.

Nararya Rahadyan Budiyono, S.Pd., M.Pd. selaku Pembina Campoer Seni menyatakan bahwa selain bertujuan untuk menciptakan keakraban antar anggota, kegiatan ini juga menjadi sarana pembekalan bagi seluruh anggota baru agar dapat bersikap disiplin, tanggung jawab, kreatif, inovatif, serta tetap memegang teguh identitas mereka sebagai akademisi. “Kami berharap segenap keluarga besar Campoer Seni berkembang menjadi pribadi yang kreatif, senantiasa sukses memberikan hiburan berkualitas dan penampilan bakat-bakat seni terbaik mereka, serta tentunya juga tetap berhasil dalam studi,” jelasnya.

Ketua Campoer Seni Ratna Fitriyani mengungkapkan bahwa kegiatan pelatihan merupakan sarana penyaluran ide dari seluruh anggota Campoer Seni yang setiap tahunnya selalu diperbaiki ke arah yang lebih baik lagi. Untuk itu, selalu ada evaluasi tahunan sehingga tindakan yang solutif dapat dilakukan.

Untuk menciptakan keakraban  antar anggota, diadakan fun games, yang dilakukan secara berkelompok, sehingga para anggota dapat menumbuhkan sikap kerjasama yang solid. Permainan estafet kayu dan air dipilih untuk menciptakan keseruan dan kemeriahan sehingga mereka sangat menikmati rangkaian acara yang tersedia.

Anggota baru Campoer Seni menampilkan aneka pementasan diantaranya pentas musik

Dari seluruh kegiatan yang diikuti oleh para anggota dalam UKM Campoer Seni, tentu saja memiliki berbagai cerita dan pengalaman berharga yang dapat dijadikan pelajaran oleh seluruh anggota. Oleh karena itu, sesi sharing pengalaman menjadi salah satu sesi yang ditunggu-tunggu. Mereka berbagi pengalaman mulai dari hal-hal lucu hingga yang menegangkan. Berbagi tips untuk berani tampil di depan publik juga merupakan hal sangat bermanfaat, sehingga mereka dapat mengekspresikan diri secara maksimal.

Diakhir acara, diadakan sesi pelantikan dan pembacaan ikrar anggota baru. Dengan penyambutan anggota dan penyerahan jabatan pengurus baru diharapkan kedepannya UKM Campoer Seni dapat lebih meningkatkan karya dan prestasi.