Tim UTY Juara 1 National Start-Up Competition 2018

Saifudin (kiri), Muhammad Said (tengah) , dan Akbar Permana Putra usai menerima penghargaan juara 1 Nasional Start-up Competition 2018

Tim mahasiswa Universitas Teknologi Yogyakarta (UTY) yang terdiri Saifudin  dari Prodi Manajemen angkatan 2015, Akbar Permana Putra dari Prodi Pendidikan Teknologi Informasi angkatan 2014 dan Muhammad Said dari Prodi Manajemen angkatan 2014 berhasil meraih Juara 1 National Start Up Competition 2018, yang diselenggarakan oleh Universitas Katholik Widya Mandala Surabaya (12-13 Februari 2018). Kompetisi yang bertajuk “Empowering Indonesia Through Tourism Development”, dengan tujuan menciptakan start-up business yang mampu memaksimalkan potensi budaya dan pariwisata di Jawa Timur tersebut, diikuti oleh tim-tim dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia.

Dalam Kompetisi tersebut, tim UTY mengusung bisnis pariwisata berbasis e-Commerce,  dengan membuat aplikasi dan website bernama ‘ANOVA Tour’. “Sebelum membuat aplikasi tersebut, kami mengkaji secara intens tentang perilaku konsumen pariwisata dan mengkaji beberapa aplikasi yang menawarkan kemudahan ticketing, pesan hotel, dan berwisata yang ada saat ini”, kata Saifudin.

Saifudin menyampaikan bahwa dalam merancang bisnisnya ia bersama tim menerapkan strategi segmentation, targeting, dan positioning. Dari sisi brand ia memilih nama ANOVA, diambil dari singkatan Van Ost Java, yakni nama Propinsi Jawa Timur di Jaman Hindia Belanda dahulu. Ia juga membuat logo yang menarik, serta membuat tagline “Wisata Praktis Harga Ekonomis”.

Saifudin menyampaikan bahwa aplikasi yang dibuatnya memiliki beberapa keunggulan dibandingkan aplikasi-aplikasi yang telah ada selama ini.  Adapun keunggulannya, Anova menyediakan informasi dan layanan wisata paket dan non paket. Saat presentasi aplikasi tersebut, Anova telah menyiapkan 8 paket wisata di Jawa Timur, yang siap diujicobakan,  bekerjasama dengan jasa tour travel, hotel-hotel, perusahaan transportasi, dan UKM lokal di daerah Jawa Timur.  Kehadiran Anova tidak mematikan jasa tour travel lokal, namun justru memberdayakannya, jelasnya.

Lebih lanjut Saifudin menyampaikan, keunggulan lainnya pada aplikasi yang dibuatnya adalah adanya menu yang menawarkan berbagai kemudahan, diantaranya kemudahan dalam melakukan transaksi dan menu bantuan telepon dari Customer Service (CS) Anova.  Jika menu bantuan telepon ditekan oleh customer, maka secara proaktif CS Anova akan menelpon untuk menawarkan bantuan atau solusi.  Sehingga customer tidak akan mengalami kebingungan atau kesulitan dalam berwisata. Aplikasi Anova juga dilengkapi dengan GPS, untuk mempermudahkan titik jemput, dan rekomendasi tempat wisata bagi konsumen, kata Saifudin.

Selain itu, aplikasi Anova juga memuat live chat untuk memberikan kritik dan saran, serta menjawab pertanyaan secara online. Melalui aplikasi Anova tersebut Saifudin juga merencanakan untuk melakukan program customer relationship manajemen, dengan memberikan perhatian baik berupa ucapan terima kasih, ucapan selamat ulang tahun, dan pemberian fasilitas-fasilitas promo/discount wisata. Program-program ini ia yakini belum ada pada aplikasi-aplikasi yang telah beroperasisaat ini, jelas Saifudin.

Menanggapi keberhasilan Saifudin dan kawan-kawan tersebut, Rektor UTY Dr. Bambang Moertono Setiawan, MM., Akt., CA menyampaikan apresiasinya. Ia berharap keberhasilan ini akan memacu mahasiswa-mahasiswa yang lain untuk ikut berkarya. Iapun bangga dengan semakin banyak mahasiswa yang mampu menjadi start-up business, yang tentunya bisa menjadi embrio munculnya entrepreneur-entrepreneur tangguh. Iapun terus mendorong para mahasiswa UTY untuk bisa mengikuti berbagai even kompetisi baik di tingkat regional, nasional maupun internasional.