International Joint Internship Program : Asah Kemampuan Analisis Bisnis Dengan Cara Pandang Internasional

Dr. Johanes Radjaban M.Hum sedang memberikan penjelasan kepada para mahasiswa Deakin University di Kampus 1 UTY

Hasil yang positif dari program magang kerjasama antara Universitas teknologi Yogyakarta dengan Deakin University, yang bertajuk “International Joint Internship Program” (IJIP) menjadikan program tersebut terus berlanjut. Bahkan mulai tahun 2018 ini, program yang sebelumnya dilakukan setahun sekali, akan dilakukan dua kali setiap tahunnya. Pada tanggal 2 April 2018 ini, Deakin University mengirimkan 20 mahasiswanya untuk bersama-sama mahasiswa UTY melakukan magang pada industri-industri di Yogyakarta, yang terdiri PT Bothwell Indonesia, Dagadu Yogyatourium, Purawisata, dan Yogya Presisi Tehnikatama Industri (YPTI). Pengiriman para mahasiswa Deakin University kali ini merupakan  batch yang ke sembilan.  Para mahasiswa Deakin University tersebut didampingi oleh 10 orang mahasiswa UTY, yang  berasal dari Prodi Komunikasi, Prodi Akuntansi, Prodi Sastra Inggris, Prodi Bahasa Inggris, dan Prodi Teknik Sipil.

Dr. Johanes Rajaban, M. Hum Kepala Bagian Kerjasama dan Kantor Internasional UTY menyampaikan bahwa dipilhnya PT Bothwell Indonesia, karena perusahaan tersebut memproduksi furniture berkualitas tinggi yang dieksport ke Amerika dan Eropa, dengan produk untuk keperluan hotel, restoran dan resort. Dagadu Yogyatourium dipilih untuk mempelajari bagaimana pengelolaan bisnis pakaian sebagai produk kreatif bernuansa khas budaya Jogja dengan sentuhan art dan desain unik kreatif yang telah menjadi ikon oleh-oleh khas Yogyakarta, serta public service yang dilakukannya. Adapun Purawisata menjadi tujuan internship yang representatif untuk mempelajari bisnis pariwisata dan pertunjukan budaya, yang selama ini dikunjungi oleh banyak wisatawan asing. Sedangkan pada bidang manufacturing, dipilih yakniYogya Presisi Tehnikatama Industri (YPTI) merupakan perusahaan manufaktur yang memproduksi barang-barang perlengkapan dan plastik yang presisi dengan penggunaan teknologicomputer numerical control (CNC) dengan operasional berteknologi canggih, dengan target pasar lingkup internasional.

Mahasiswa Deakin University dan Mahasiswa UTY foto bersama di depan kampus 1 UTY

Radjaban menyampaikan, berdasarkan informasi yang diterima dari pihak Deakin University, program magang bersama mahasiswa UTY pada periode-periode sebelumnya memberikan hasil yang positif. Diantaranya diperolehnya pengalaman internasional yang menjadikan nilai jual lulusan menjadi lebih tinggi, dan bisa memasuki pekerjaan yang lebih bergengsi. Rajaban menambahkan bahwa para peserta magang tersebut merasa bahwa ijazah saja belum cukup. Sehingga sertifikat magang Internasional, dengan tambahan ilmu dan pengetahuan terkait pola industri di negara berkembang menjadi poin/nilai tersendiri.

Adapun manfaat bagi mahasiswa UTY yang menjadi partner mahasiswa Deakin University dalam melakukan magang mendapat pengalaman luar biasa. Selain mendapat sertifikat langsung dari Deakin University, para mahasiswa memperoleh pengalaman kerjasama team dengan orang asing, meningkatkan kemampuan bahasa Inggris, memperluas wawasan dan cara pandang, serta cara belajar bekerja dengan kinerja berstandar internasional. Pengalaman belajar membangun teamwork secara internasional tersebut menjadi sangat terasa bagi mahasiswa UTY, terutama dalam mengasah kemampuan analisis bisnis dengan cara pandang internasional. Karena, para mahasiswa Deakin University tersebut berasal dari International Program of Master of Business Administration (MBA). Kegiatan magang mahasiswa Deakin University dan mahasiswa UTY tersebut, diisi dengan menyusun project untuk direkomendasi kepada perusahaan, melakukan FGD, dan mempresentasikannya.