‘Say Tampan’ Karya Mahasiswa UTY Menangkan Lomba StartUp Digital

Winarto, Insanu Aminudin, dan Harzi Wiliandres usai menerima trophy juara StartUp Digital

Aplikasi bertajuk “Say Tampan”, yang merupakan Prototype aplikasi pengguna jasa potong rambut berbasis mobile. Melalui aplikasi ini, pemotong rambut profesional dapat mencari pelanggan dengan mudah, begitu pula sebaliknya para pelanggannya. Aplikasi yang dibuat mahasiswa Universitas Teknologi Yogyakarta (UTY) terdiri Winarto dan Insanu Aminudin dari Prodi S1 Teknik Informatika,  serta Harzi Wiliandres Prodi Manajemen ini  berhasil meraih Juara 2 dalam Aplication Competition One Week Informatic (OWWI), yang diselenggarakan oleh Sekolah Tinggi Teknologi Adisucipto Yogyakarta 9 April 2018, diikuti oleh peserta dari berbagai perguruan tinggi di Yogyakarta.

Insanu Aminudin menyampaikan bahwa Ide kreatif ini diusung berdasarkan hasil pengamatan pada kebutuhan masyarakat di tengah kesibukan sehari-hari, jalan yang macet, dan semakin akrabnya orang dengan aplikasi online.  Sehingga, aplikasi yang mempertemukan pemotong rambut dan konsumennya ini merupakan inovasi baru yang layak menjadi pilihan, untuk bisa berpenampilan selalu rapi/tampan meski waktu luang sangat minim. Aminudin mengatakan“Say-Tampan adalah sebuah aplikasi cukur rambut online berbasis mobile dimana tukang cukur rambut mendatangi rumah, kantor, apartemen atau kemana saja sesuai pesanan. Aplikasi ini bekerjasama dengan jasa cukur rambut konvensional seperti pangkas, salon dan barbershop dengan mendaftar dan menjadi member”.

Lebih lanjut Aminudin berencana, Prototype Say Tampan yang dapat digunakan melalui sistem Android dan IOS ini akan segera diwujudkan kedalam aplikasi yang dapat digunakan secara luas. Tim menargetkan akan rilis dalam 3 bulan mendatang.

“Harapan kami kedepan, prototype ini akan segera berwujud nyata menjadi aplikasi e-commerce sehingga menjadi media bisnis yang bisa terus diperbarui,” ungkap Joko Sutopo, S.T., M.T selaku Kepala Bagian Creativity, Entrepreneurship& Leadership UTY yang membimbing tim UTY hingga meraih prestasi dalam perlombaanter sebut.

Sementara itu Wakil Dekan Fakultas Teknologi Informasi dan Elektro (FTIE) Yuli Asriningtias, S.Kom., M.Kom., menyampaikan bahwa kolaborasi lintas prodi akan terus diusahakan dan menjadi habbit dalam meunculkan inovasi.  Iapun akan terus melakukan pembinaan kegiatan-kegiatan Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) yang mendorong mahasiswa untuk duduk bersama, saling mengisi kekurangan dan menonjolkan kekuatan. Yuli menargetkan, adanya peningkatan jumlah Program Kreatifitas Mahasiswa (PKM) yang lolos sampai tingkat nasional, banyak melahirkan juara dari berbagai kompetisi, dan banyak bermunculan usaha-usaha mahasiswa yang lahir dari StartUp. “FTIE akan terus berupaya menggiatkan kegiatan seminar dan workshop yang menghadirkan banyak praktisi yang menginspirasi mahasiswa sebagai pemantik ide dan gagasan kreatif mahasiswa,” tambahnya.