Asah Jiwa Sosial, Prodi Ilkom UTY Ajak Mahasiswa Kunjungi Panti Asuhan

Andri Prasetyo Yuwono, M.I.Kom menyerahkan bingkisan kepada Gus Muhammad Ilhami, S.Pd.I

Program Studi Ilmu Komunikasi (Ilkom) Universitas Teknologi Yogyakarta (UTY) mengajak mahasiswanya ke Panti Asuhan Zuhriyah Ngaglik, Sleman.  Acara yang yang dikemas dalam bentuk silaturahmi dan buka puasa bersama tersebut diselenggarakan pada Minggu 20 Mei 2018. Andri Prasetyo Yuwono, M.I.Kom. Kaprodi Ilkom UTY menyampaikan bahwa tujuan dari kegiatan itu, untuk mengasah jiwa sosial mahasiswa, membangun rasa empati terhadap masyarakat dan peduli lingkungan sekitar, sekaligus sebagai upaya untuk lebih mendekatkan diri kepada Tuhan Yang Maha Esa. “Tidak hanya terbatas pada pendekatan agama tertentu saja, nilai-nilai baik dari ibadah tentu saja memberikan dampak positif bagi mahasiswa sehingga dapat lebih bersyukur dan berusaha menjadi individu yang lebih baik salah satunya dengan membiasakan diri untuk ikhlas bersedekah”,  ungkapnya,  Acara buka bersama tersebut dihadiri seluruh jajaran dosen dan mahasiswa Ilkom UTY, serta anak-anak Panti  Asuhan Zuhriyah.

Menyambut kegiatan ini,  Ketua Pengurus Panti Asuhan dan Pondok Pesantren Zuhriyah Gus Muhammad Adam Ilhami, S. Pd.I., memberika apresiasi yang tinggi atas maksud baik dari Dosen dan Mahasiswa Ilkom UTY. Suasana kebersamaan dan jalinan silaturahmi yang akrab dalam acara buka bersama tersebut. Dalam sambutan dan tausiahnya, Gus Muhammad diantaranya menyampaikan  sifat-sifat baik yang dapat ditanamkan sejak dini untuk membentuk kepribadian yang unggul baik akal maupun budi pekerti. “Dengan berpedoman pada sifat-sifat para nabi yang menjadi teladan kita, hendaknya mahasiswa sebagai generasi muda yang beruntung dapat mengenyam pendidikan mampu menjadi contoh bagi masyarakat luas. Sikap welas asih terhadap sesama harus terus dilakukan agar dapat terus membangun kerukunan umat beragama,” ungkap Gus Muhammad.

Sebagian anak Panti Asuhan Zuhriyah

Pada kesempatan ini, mahasiswa juga berbagi pengalaman kepada teman-teman di panti asuhan untuk memahami apa saja yang menjadi ranah pembelajaran mahasiswa Ilmu Komunikasi. Selain belajar di kelas, mahasiswa juga memiliki banyak kesempatan untuk mengeksplorasi kemampuan praktis. Keakraban terjalin saat mereka menikmati keseruan keseruan kegiatan belajar mengajar Prodi Ilmu Komunikasi. Tidak hanya itu, anak-anak pun menjadi lebih bersemangat untuk belajar lebih baik sehingga siap menempuh pendidikan setinggi-tingginya.

Sebagai bentuk kepedulian untuk saling berbagi, Prodi Ilmu Komunikasi juga memberikan sumbangan berupa bahan makanan pokok dan sejumlah uang yang diharapkan dapat memberikan manfaat sebaik-baiknya. Acara pun ditutup dengan foto bersama, kemudian menikmati takjil dan makanan yang telah disediakan dan dilanjutkan dengan melaksanakan ibadah shalat berjamaah.