IKA UTY Berbagi dengan Anak Yatim

Ketua didampingi para Pengurus IKA UTY menyerahkan dana dari IKA UTY untuk Panti Asuhan Abdul Alim Imogiri Bantul

Di bulan Ramadhan 1439 H ini Pengurus Ikatan Alumni Universitas Teknologi  Yogyakarta (IKA UTY) periode 2018-2022 mengimplementasikan salah satu programnya di bidang sosial, dengan acara menggelar acara berbuka bersama anak-anak panti asuhan. Acara yang bertajuk “Berbuka dan Berbagi” tersebut diselenggarakan  tanggal 1 Juni 2018 di Panti Asuhan Abdul Alim, Wukirsari Imogiri Bantul.

Dr. Junaidi, M,Si., Ak., CA.. Koordinator Bidang Humas IKA-UTY, menyampaikan bahwa selain berbuka bersama, IKA UTY juga memberikan santunan kepada panti asuhan tersebut berupa uang tunai yang digalang dari para alumni UTY. Hadir dalam kegiatan sosial yang dimotori Anang Widodo, M.Pd salah satu alumni dari Sastra Inggris UTY tersebut, ketua umum dan segenap pengurus IKA UTY, bersama sekitar 100 anak yatim yang diasuh Panti Asuhan Abdul Alim. Suasana gembira dan bahagia terpancar dari anak-anak panti asuhan tersebut. Usai berbuka puasa bersama, dilanjutkan dengan shalat maghrib berjamaah, ungkap Junaidi.

Ketua IKA UTY, Wahyu Wijanarko, SE., MSi menyampaikan sambutan di Panti Asuhan Abdul Alim

Ketua Umum IKA-UTY Wahyu Widjanarko, S.E., M.Si menyampaikan, penggalangan dana dari para alumni UTY yang dilakukan selama seminggu terkumpul sebanyak Rp 17.073.000. Menurut Wahyu, angka tersebut memiliki makna tersendiri. Yakni angka 17 bertepatan dengan malam 17 Romadhan dimana Al-quran pertama kali diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW, sebagai pentunjuk bagi umat manusia. Pelaksanaan kegiatan di tanggal 1 Juni bertepatan dengan peringatan hari lahir Pancasila, dimana tahun 2018 ini merupakan peringatan yang ke-73 lahirnya Pancasila.  Dengan momentum berbuka dan berbagi tersebut diharapkan dapat meningkatkan ukhuwah Islamiyah, maupun ukhuwah wathoniyah. Indonesia yang terdiri dari berbagai suku, Bahasa, dan agama tentu harus kita jaga rasa persatuan bangsa kita ini. Semoga dengan berbuka dan berbagi ini dapat terus menggelorakan kesadaran bahwa dalam kehidupan ini masih banyak saudara kita yang kurang beruntung dari segi ekonomi yang membutuhkan uluran tangan kita, tambah Wahyu Wijanarko.

H. Ali Suradjiman selaku Pengurus Panti Asuhan Abdul Alim, menyambut sangat positif kegiatan dari para alumni UTY tersebut. Ia menyampaikan bahwa saat ini  jumlah anak yatim yang mukim di panti ini sebanyak 30 orang. Selebihnya merupakan binaan Muhammadiyah, jelasnya. Pada sambutannya ia mengatakan “dalam kehidupan di dunia ini kita diperintahkan oleh Allah SWT, untuk terus beribadah dan bersyukur atas nikmat yang telah diberikan kepada kita semua. Apalagi di bulan Ramadhan seperti ini, Allah akan melipat gandakan pahala atas kebaikan yang telah dilakukan. Kita diajarkan untuk menyantuni anak yatim dan membantu fakir miskin”. Oleh karena itu Pengurus Aanti Asuhan Abdul  Alim sangat gembira atas kegiatan IKA UTY tersebut.

Sementara itu Kristianto PW, SE.,MM., Akt, CA Kepala Bagian Alumni UTY merasa bangga atas ‘greget’ dan semangat bersilaturahmi di para Pengurus IKA UTY 2018-2022 yang barusaja dibentuk. Ia menyampaikan, meskipun acara berbuka dan berbagi tersebut digagas dan dilaksanakan dalam waktu yang singkat, namun bisa menghadirkan para pengurus dari berbagai kota diantaranya  dari Jakarta, Surabaya, Wonosobo dan kota-kota lain. Ia berharap semangat untuk bersilaturahmi dari para alumni akan terus terbangun ke semua Koordinasi Wilayah (KORWIL) alumni UTY di Indonesia.