Prodi Sastra Inggris UTY Raih Akreditasi A

Mahasiswa belajar bahasa di Laboratorium Bahasa UTY

Berdasarkan Surat Keputusan yang dikeluarkan oleh Badan Akreditasi Nasional  no. 889/SK/BAN-PT/Akred./S/III/2018 tertanggal 20 Maret 2018, Prodi Sastra Inggris Fakultas Ilmu Bahasa Universitas Teknologi Yogyakarta (UTY) berhasil meraih akreditasi dengan grade A.

Dr. Eko Setyo Humanika, MHum Dekan Fakultas Ilmu Bahasa UTY menyampaikan bahwa pencapaian akreditasi tersebut bukan sekadar penilaian terhadap isi borang-borang. Namun merupakan nilai dari semua proses pendidikan khususnya di Prodi Sastra Inggris UTY. Atas raihan tersebut Eko Setyo merasa bersyukur, karena upaya yang dilakukan selama ini membuahkan hasil sebagaimana yang diharapkan. Ia meyakini bahwa raihan akreditasi A tersebut merupakan hasil kerja keras bersama mulai dari Prodi Sastra Inggris, Fakultas, Universitas, Yayasan, dan Mahasiswa.

Lebih lanjut Eko Setyo menyampaikan bahwa kriteria penilaian instrumen akreditasi mengarah pada seberapa besar tingkat komitmen program studi terhadap kapasitas dan efektivitas program studi sesuai standar akreditasi yang ditetapkan oleh Badan Akreditasi Nasional. Diantaranya visi, misi, tujuan, sasaran serta strategi pencapaiannya. Penilaian di bidang akademik terdiri dari kurikulum, pembelajaran, suasana akademik, sarana prasarana, dan sistem informasi. Di bidang manajemen, dinilai bagaimana pola kepemimpinan, pengelolaan SDM Tenaga Penididik dan Tenaga Kependidikan, mahasiswa, dan penjaminan mutu. Selain itu juga dinilai bagaimana kegiatan penelitian berlangsung, pelayanan/pengabdian kepada masyarakat dan kerjasama, jelas Eko Setyo Humanika.

Sementara itu Dr. Arief Hermawan, MT Wakil Rektor Bidang Akademik UTY menyampaikan bahwa Akreditasi bukan merupakan tujuan akhir. Akan tetapi raihan akreditasi merupakan pengakuan dari masyarakat melalui lembaga resmi BAN PT. Hal itu tentunya akan memberikan motivasi untuk bisa mengelola pendidikan dan memberikan layanan yang lebih baik lagi, serta memotivasi untuk terus berprestasi.