Letnan E-Bit, Es Krim Buah Bit yang Sehat, lezat dan Ekonomis

Belakangan ini, wisata kuliner menjadi kegiatan yang sangat disukai oleh masyarakat. Di jaman modern ini, banyak jenis makanan yang tidak begitu menyehatkan. Bahkan semakin banyak orang sakit yang disebabkan karena pola makan dan jenis asupan yang tidak sehat, meskipun sebenarnya makanan yang dikonsumsi merupakan makanan dengan rasa lezat, dan berharga mahal.

Menanggapi fenomena pola  dan asupan makanan tersebut,  lima mahasiswa Prodi Manajemen Universitas Teknologi Yogyakarta (UTY) yaitu Farida Isnaini, Lutvi Ainiah, Dela Hartika, Muh. Iqbal dan Bayu Whiky yang tergabung dalam Tim Program Kreatifitas Mahasiswa (PKM) termotivasi untuk menciptakan makanan modern, lezat dan menyehatkan.  Untuk itu mereka berinovasi membuat es krim dari buah bit. Ketua Tim PKM, Farida menjelaskan bahwa buah bit merupakan sejenis tanaman berumbi yang berwarna merah, yang sudah mulai banyak dikembangkan, terutama di Pulau Jawa. Buah ini merupakan  salah satu buah yang mengandung antioksidan, betasianin, dan caumarin.  Sehingga dengan makan es krim tersebut berarti kesehatan akan semakin baik. “Jika minuman es dan es krim lainnya mengandung begitu banyak kalori dan kolesterol dalam setiap porsinya, namun dengan mengkonsumsi es krim karya mahasiswa UTY tersebut justru sebaliknya, karena memberikan kandungan gizi yang sangat baik untuk kesehatan dan mengandung zat anti oksidan” jelas Farida.

Es krim buatan para mahasiawa UTY peserta Program Kreatifitas Mahasiswa (PKM) tersebut diberi nama Letnan E-bit yang berasal dari kata Lezat Tenan Es Krim Bit iki.  Farida menyampaikan bahwa es krim tersebut dibuat melalui proses pengukusan, pengupasan, pengecilan ukuran atau potong kecil-kecil, blender, saring, kocok whipped cream, campur semua bahan, blender kembali sampai benar-benar halus, dan simpan di dalam freezer dengan menggunakan cup tertutup. Melihat persaingan pasar di mana minuman es sedang banyak digemari, es krim buah bit tentu memiliki keunikan tersendiri. Terlebih lagi, harganya yang terjangkau jelas sangat kompetitif dibandingkan produk-produk lain.

Farida, yakin bahwa produksi es krim buah bit ini akan sukses dipasaran karena pemanfaatan buah ini masih jarang dilakukan. “Kami berharap dengan memperkenalkan es krim buah bit yang unik ini, dapat mengajak masyarakat untuk produk yang sehat sehingga kebutuhan gizi dapat terpenuhi. Selain itu, buah bit memiliki banyak manfaat seperti dapat mempertahankan stamina tubuh, mencegah dan mengatasi anemia, mengobati kanker dan tumor,” jelasnya.

Selaku Dosen Pembimbing, Septi Diana Sari, S.E., M.Sc menambahkan, produksi es krim ini juga bertujuan untuk membuka peluang usaha bagi masyarakat, guna menambah pemasukan ekonomi dengan mengolah es krim Letnan E-Bit yang proses pembuatannya mudah dilakukan dengan waktu yang cukup singkat.