UTY Academic Excellence Day

Dalam rangka meningkatkan suasana akademik untuk mendukung peningkatan mutu kegiatan Tri Dharma Perguruan Tinggi, Universitas Teknologi Yogyakarta (UTY) menggelar acara Academic Excellence Day. Acara yang diselenggrakan pada Sabtu, 4 Agustus 2018 ini terdiri dari rangkaian acara meliputi general lecture, workshop, penandatanganan kerja sama dan gelar expo industri kreatif.

Prof. Nir Kshetri memaparkan materi ceramah di UTY

Academic Excellence Day diawali general lecture dengan menghadirkan Prof. Nir Kshetri dari The University of North Carolina USA. Kehadiran Prof. Nir Kshetri tidak terlepas dari kerjasama yang dibangun selama ini. Dalam kesempatan itu Prof. Nir Kshetri mengupas materi tentang perkembangan teknologi informasi yang maju pesat dan implementasinya dalam dunia bisnis. Pembahasan materi tersebut disampaikan dengan membandingkan secara rinci kemajuan di berbagai negara di dunia, dalam berbagai aspek.

Mnristekdikti RI foto bersama Sekjen Kemenristekdikti, Dirjen Sumber Daya dan Dikti Kemenristekdikti, Bupati Sleman, Rektor UTY, Pengurus yayasan Darma Bhakti Iptek, Para Pejabat dan Direktur BUMN dan Industri

Usai General Lecture diselenggarakan penandatangan nota kesepahaman (MoU) antara UTY dengan Pemerintah Kabupaten Sleman, Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT), PT. Pupuk Indonesia Energi, PT. Bhakti Tamara, PT. Asaian Profile Indosteel, PT. Istana Mobile Surabaya Indah, PT. Sekawan Bhakti Intiland, PT. Metrodata Electronics, Tbk, dan National Hospital Surabaya.  Hadir dalam penandatangan MoU tersebut, Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi RI, Prof. H. Muhamad Nasir, PhD, Akt., Sekretaris Jenderal Kemenristekdikti RI Prof Ainun Naim, PhD, Akt.  , Dirjen Sumber Daya Iptek dan Dikti Kemenristekdikti RI, Prof. dr. Ali Ghufron Mukti, MSc, PhD. Bupati Sleman, Drs. H. Sri Purnomo, MSi, Kepala BPPT beserta staff, Koordinator Kopertis Wilayah V Yogyakarta, Para Direktur perusahaan-perusahaan yang melakukan kerjasama dengan UTY, Kepala Bappeda Kabupaten Sleman, Pengurus Ikatan Alumni UTY, Kepala Dinas P3AP2A KB Kabupaten Sleman, dan pejabat-pejabat lainnya.

Menristekdikti RI mendengarkan seksama penjelasan mahasiswa arsitektur tentang rancang bangun bangunan ramah lingkungan

Pada Academic Excellence Day tersebut, juga dilakukan kunjungan Menristekdikti beserta para pejabat dan pimpinan perusahaan yang melakukan penandatanganan MoU, ke acara UTY Expo, yang menampilkan karya-karya mahasiswa khususnya mahasiswa yang lolos pada pada Program Kreatifitas mahasiswa (PKM). Dalam kunjungan tersebut Menristekdikti memberikan apresiasi terhadap karya-karya inovatif yang dihasilkan.

Rangkaian acara Academic Excellence Day yang terakhir adalah public lecture, bertajuk  Manajemen Proyek oleh Ir. Kuntari Laksmitadewi W. M.Eng. Direktur Operasi  PT. Pupuk Indonesia Energi. Dalam paparannya secara detail dan lengkap ia menjelaskan bagaimana manajer mempersiapkan, mengelola, tahapan-tahapan manajemen proyek sehingga berhasil mencapai tujuan perusahaan dapat tercapai secara efektif dan efisien.