Kedisiplinan dan Public Speaking Kunci Sukses Meniti Karir

Yuyun Wahyudi, SE, MSi, Akt., CA menyampaikan materi dipandu Dr. Junaidi, MSi, Akt., CA

Kedisiplinan merupakan landasan utama dari kunci dan kiat sukses dalam meniti karir. Kedisiplin dan kinerja yang baik akan meningkatkan kepercayaan orang, sehingga seseorang dianggap layak untuk diberikan tugas. Kedisiplinan juga sangat membantu dalam menyelesaikan tugas-tugas secara efektif dan efisien. Dengan menjadi pribadi yang disiplin, kita dapat menjadi contoh bagi orang lain sekaligus menciptakan lingkungan kerja yang disiplin juga, kata Yuyun Wahyudi, S.E., M.Si., Akt., C.A alumni Program Studi Akuntansi Universitas Teknologi Yogyakarta (UTY), dalam Kuliah Umum bertajuk “Peluang Karir Lulusan Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) di Sektor Publik”, di Kampus 1 UTY Sabtu, 29 September 2018.

Lebih lanjut Yuyun Wahyudi yang saat ini bekerja di sektor pemerintahan, yakni  menjabat sebagai Kepala Bidang Akuntansi Badan Keuangan Daerah Provinsi Kalimantan Tengah, menyampaikan bahwa dalam meniti karir baik di sektor pemerintahan maupun swasta, para lulusan harus mampu beradaptasi dalam kondisi lingkungan kerja yang berbeda-beda. Untuk itu sangat diperlukan pemikiran serta sikap cerdas dan profesional. Dalam kesempatan itu Yuyun memberikan motivasi kepada mahasiswa FEB UTY untuk bisa menjadi pribadi yang memiliki karakter positif, yang dapat bekerja dengan maksimal dan dapat memberikan pengaruh positif pada lingkungan kerja.

Kunci sukses lainnya yang harus dimiliki seorang lulusan menurut Yuyun Wahyudi, adalah kemampuan public speaking dan kemampuan bersosialisasi. Public speaking sangat dibutuhkan untuk dapat menciptakan kesan yang baik terhadap diri seseorang. Dengan kemampuan ini, seseorang dapat dengan mudah mempengaruhi dan mengajak orang lain guna melakukan perubahan positif yang dapat meningkatkan kesuksesan individu maupun perusahaan atau institusi, ungkap Yuyun Wahyudi. Ia mengatakan  “kemampuan public speaking dibutuhkan untuk menjalin hubungan/bersosialisasi kepada siapapun, khususnya pada tim kerja dan atasan.  Kemampuan public speaking dan bersosialisasi ini perlu diasah sedini mungkin. Salah satunya dengan cara memperluas pergaulan sehingga tercipta interaksi sosial yang baik”.  Untuk dapat bersosialisasi dengan baik, tentunya sesorang harus terus mengasah kemampuan dan pengetahuan dengan rajin membaca buku, dan aktif mengakses informasi inspiratif  terkini, tambah Yuyun Wahyudi.

Dalam kuliah umum tersebut iapun menceritakan kariernya sejak awal memasuki dunia kerja, berikut kita-kiatnya sehingga mencapai jabatan yang diemban saat ini. Termasuk kiatnya untuk selalu mengamati dan mempelajari pola dan tindakan orang-orang sukses melalui pengalaman bekerjanya.  Menurutnya,  cara tersebut merupakan hal yang sederhana untuk dilakukan, akan tetapi memiliki dampak yang besar. Kemampuan leadership tokoh-tokoh sukses patut untuk dicontoh, jelasnya.

Dr. Junaidi, M.Si.,Akt., CA Wakil Dekan FEB UTY yang memandu acara kuliah umum tersebut mengatakan bahwa kehadiran praktisi sukses untuk sharing pengalaman, sangat berarti bagi mahasiswa. Lebih-lebih praktisi sukses tersebut adalah kakak kelasnya (alumni UTY). Tentu menjadi kebanggan tersendiri. Junaidi yang juga alumni UTY, serta dulu menjadi Komandan Resimen Mahasiswa UTY menyampaikan bahwa kegiatan tersebut terselenggara atas kerjasama dengan Ikatan Alumni UTY (IKA UTY). Ia berharap para mahasiswa dapat belajar dan mengambil contoh dari para alumni sukses yang dihadirkan ke Kampus. Para alumni tersebut rata-rata dapat memanfaatkan waktu sebaik-baiknya saat kuliah.  Menurut Junaidi, selain giat belajar, kegiatan bergorganisasi juga sangat penting. Dengan berorganisasi, kita dapat memiliki kemampuan kepemimpinan, serta dapat bekerjasama dengan baik dan belajar bertanggungjawab” ungkapnya.

Antusiasme mahasiswa dalam kuliah umum ini sangat tinggi, terlihat dari pertanyaan-pertanyaan yang diajukan. Semangat mahasiswa dalam memperoleh peluang karir tampak dari keingintahuan mahasiswa akan kiat-kiat yang harus dilakukan agar menjadi lulusan yang memiliki kompentensi unggul sehingga siap bersaing dalam dunia kerja yang semakin kompetitif. Kesiapan karakter yang unggul diharapkan dapat menjadi bekal agar para lulusan dapat menunjukkan kualitas yang cemerlang walau bagaimanapun kondisi lingkungan yang akan dihadapi.