Terapkan Psikologi Pendidikan Melalui Gerakan Psikologi Mengajar

Mahasiswa Psikologi UTY memberikan bimbingan belajar baca tulis Al Qur'an

Semester ini, Himpunan Mahasiswa Psikologi (HIMAPSI) Universitas Teknologi Yogyakarta (UTY) mengadakan Gerakan Psikolog Mengajar. Gerakan yang digagas dan dimotori oleh Divisi Pengabdian Masyarakat HIMAPSI UTY tersebut menerjunkan para mahasiswa Psikologi UTY untuk mengabdi ke tengah masyarakat, dengan memberikan pembelajaran baca tulis Al Qur’an bagi anak-anak. Kegiatan Gerakan Mengajar ini merupakan salahsatu bentuk upaya menerapkan materi psikologi pendidikan yang diajarkan di bangku kuliah, ungkap Sirril Wafa selaku Kepala Divisi Pengabdian Masyarakat HIMAPSI UTY. Adapun lokasi yang dipilih adalah pedukuhan di sekitar Kampus 1 UTY, yakni di dukuh Ngemplak-Nganti yang dilakukan di Masjid Masjid Al Amin, dan di dukuh Trini Sinduadi Mlati Sleman, yang dilakukan di Masjid Al Ikhlas. Gerakan Psikologi Mengajar yang diselenggarkan setiap hari Senin, Rabu dan Sabtu tersebut mandapat sambutan sangat positif dari para Takmir Masjid dan warga masyarakat setempat.

Sirril Wafa menyampaikan bahwa para mahasiswa tersebut tidak hanya mengajar, tetapi juga berlatih memahami psikologi anak dengan menerapkan ilmu psikologi pendidikan yang telah diperoleh di bangku kuliah. Dengan menerapkan berbagai metode psikologi pendidikan yang telah diajarkan selama kuliah, diharapkan mahasiswa dapat menangani kesulitan-kesulitan yang dihadapi berkaitan dengan berbagai karakter anak. Dengan kemampuan memahami kondisi psikologis anak-anak yang mudah berubah suasana hatinya tersebut, maka proses pengajaran yang dilakukan dapat berjalan lancar tanpa ada kendala yang berarti.

Atas kepuasan yang diterima oleh para orangtua yang turut hadir menemani, mereka berharap acara tersebut akan terus berlanjut. Bahkan merekapun berharap adanya kajian-kajian dengan beraragam tema. Hal ini menjadi motivasi tersendiri bagi HIMAPSI untuk terus berkarya dengan ikut meningkatkan pengetahuan bagi anak-anak, dengan jangkauan yang lebih luas, ungkap Sirril Wafa.

Achmat Soleh Eko selaku Ketua Umum HIMAPSI mengatakan “kegiatan berbasis pengabdian masyarakat perlu digalakkan pada Himpunan Mahasiswa Jurusan.  Kehadiran langsung di masyarakat untuk ikut serta dalam mencerdaskan bangsa dengan cara yang kreatif, sebagaimana kegiatan Psikologi Mengajar tersebut, bisa memberikan manfaat bagi anak-anak, sekaligus memberikan pengalaman bagi mahasiswa.”

Sementara itu Ketua Program Studi Psikologi UTY Aneke Dewi Rahayu, M.A, Psikolog, menyampaikan bahwa ia sangat mendukung  program Psikologi Mengajar tersebut.  Ia berharap program-program serupa dengan berbagai bentuk dan tema, terus dikembangkan oleh HIMAPSI. Menurutnya kegiatan-kegiatan mahasiswa tersebut sangat bermanfaat sebagai wadah untuk melatih kemampuan mahasiswa dalam menyalurkan minat pada bidang psikologi. Hal ini penting untuk bekal setelah lulus nanti, imbuhnya.