Tingkatkan Motivasi Mahasiswa Berkarir di Bidang Perbankan

Tri Hidayat, SE., MSi Direktur Utama Bank Wonosobo sedang presentasi di UTY

Mempersiapkan lulusan agar dapat segera terjun ke dalam bidang karir yang diminati, Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Teknologi Yogyakarta (UTY) mengadakan kuliah umum bertajuk “Tata Kelola Perbankan dan Sukses Karir Perbankan di Indonesia.” Acara yang diselenggarakan pada 19 Oktober 2018 tersebut diisi oleh Tri Hidayat, S.E., M.Si Direktur Utama Bank Pasar Wonosobo, yang merupakan alumni Program Studi Akuntansi UTY.

Berbekal pengalamannya sebagai Direktur Bank, Tri Hidayat memberikan penjelasan mengenai apa yang dibutuhkan seorang fresh graduate untuk memulai karir dalam bidang Perbankan. Menurutnya, hardskill dan softskill merupakan keutamaan yang harus dimiliki seorang lulusan untuk bersaing secara kompetitif dalam meniti karir. Penguasaan metode, tenik, alat bantu dan prosedur yang berlaku sangat dibutuhkan untuk dapat menyelesaikan pekerjaan dengan cepat dan tepat. Tidak hanya itu, upaya untuk memberikan ide dan gagasan strategi bisnis juga harus bisa dilakukan dengan kecerdasan intelektual yang terasah sejak dini, paparnya.

Mahasiswa FEB UTY antusias menyimak paparan Tri Hidayat

Tri Hidayat menyampaikan bahwa bekerja di bidang perbankan memiliki ritme sangat dinamis. Sehingga dibutuhkan sikap dan gaya interaksi yang mampu diandalkan. Untuk itu, penguasaan manajemen diri, kemampuan berkomunikasi, kemampuan mengontrol emosi, dan kemampuan bekerjasama dalam tim sangat diperlukan. Dunia perbankan menuntut karyawan-karyawannya dapat memberikan kesan positif dalam setiap berkomunikasi interpersonal kepada banyak orang yang dihadapi saat bekerja.  Sehingga kecerdasan intelektual, emosional dan spiritual menjadi bekal yang sangat penting.  Tri Hidayat menyampaikan bahwa ilmu pengetahuan yang diperoleh di bangku kuliah merupakan hard skill pengembangan kecerdasan analisis/intelektual. Menurutnya, guna mencapai produktivitas maksimum, mahasiswa perlu mengembangkan semua aspek kecerdasan yang merupakan soft skill. Diantaranya dengan turut aktif pada berbagai kegiatan di kampus. Dengan terbiasa mengikuti berbagai kegiatan positif di lingkungan kampus, mahasiswa akan memiliki kemampuan leadership serta teknik lobi dan negosiasi. “Perbanyaklah kegiatan agar memiliki kesempatan untuk mengembangkan diri. Bertemu dengan banyak orang dapat meningkatkan kepercayaan diri dan ketangkasan dalam bersikap,” jelas Tri Hidayat.

Hardskill dan softskill ini selaras dengan pedoman berkarir dalam bidang perbankan dimana terdapat Law of Enforcement dan Code of Conduct untuk menjadi pedoman keberlangsungan perbankan yang sehat. Seperti 3K yang dijunjung oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) yakni Kejujuran, Komitmen, dan Konsisten. Bekerja dalam bidang Perbankan, diperlukan kecerdasan spiritual yang mendukung kejujuran, komitmen dan konsistensi dalam penyelesaian tugas. Selain itu, karyawan juga harus dapat bekerja sesuai dengan kode etik perbankan, jelas Tri Hidayat.

Dalam kesempatan tersebut, mahasiswa diberikan kesempatan untuk menyampaikan pendapatnya dan bertanya strategi dalam manajemen diri sehingga siap menyongsong kesuksesan karir.

Dr. Junaidi, M.Si.,Akt., C.A Wakil Dekan FEB UTY yang juga pengurus IKA UTY menyatakan bahwa kuliah umum ini sangat bermanfaat bagi mahasiswa guna membuka wawasan dan memberikan motivasi untuk segera mempersiapkan diri dalam menyongsong karir. Acara-acara kuliah umum dari praktisi tersebut tidak terlepas dari peran Ikatan Alumni UTY (IKA UTY) dalam rangka mempersiapkan adik-adik kelasnya agar bisa sukses berkarir secara lebih cepat, ungkap Junaidi.