Visi & Misi Program Studi Hubungan Internasional

PRODI S1 HUBUNGAN INTERNASIONAL

TENTANG PRODI S1 HUBUNGAN INTERNASIONAL

Program Studi S1 Hubungan Internasional Universitas Teknplogi Yogyakarta bertujuan untuk menghasilkan lulusan yang mampu memahami, menjelaskan dan menganalisa berbagai fenomena hubungan internasional, serta dapat berperan secara aktif dalam berbagai bidang profesi yang relevan di bidang ini, baik di sektor pemerintahan, riset, pendidikan dan sektor lainnya, tingkat nasional maupun internasional. Program studi HI ini akan difokuskan pada kajian hubungan antar negara dan permasalahan global khususnya dalam diplomasi ekonomi internasional. Program studi ini akan mengkaji permasalahan ekonomi global seperti isu lingkungan, keamanan, regionalisme, ekonomi global, perusahaan internasional, sengketa antar negara hingga pembangunan internasional. Kurikulum yang diberikan antara lain Diplomasi dan Ekonomi Politik, Analisis Politik Dalam dan Luar, serta Isu-isu Keamanan Transnasional.

Peluang kerja lulusan program studi Ilmu Hubungan Internasional yang merupakan aspek unggulan yakni lulusan yang dapat bekerja dalam berbagai profesi baik di dalam maupun luar negeri, misalnya saja Diplomat, Staff di lembaga Pemerintah dan non-Pemerintah (IGO dan INGO), pelaku bisnis dan MNC serta dapat bekerja di Media.

Gelar yang diberikan kepada sarjana Hubungan Internasional UTY adalah Sarjana Ilmu Politik (S.IP).

 

Visi Prodi S1 Hubungan International

Menjadi program studi unggul dalam karakter dan bidang diplomasi ekonomi dengan pemanfaatan teknologi di Indonesia pada tahun 2024.’

Misi Prodi S1 Hubungan Internasional

  1. Menyelenggarakan pendidikan Ilmu Hubungan Internasional yang bermutu dalam bidang diplomasi ekonomi internasional melalui sistem pendidikan terpadu diplomasi perdagangan dan teknologi dengan kurikulum yang berkualitas sesuai dengan sikap perilaku dan kemampuan yang profesional serta mampu bersaing dalam tuntutan masyarakat global.
  2. Melaksanakan penelitian di bidang Ilmu Hubungan Internasional dengan standar nasional maupun internasional serta mengaplikasikan hasil-hasil penelitian untuk keperluan praktis di berbagai dimensi Ilmu Hubungan Internasional yang dinamis.
  3. Menyelenggarakan kegiatan pengabdian masyarakat dalam bidang Ilmu Hubungan Internasional sebagai upaya pengembangan atmosfir akademik untuk pemberdayaan masyarakat dan pembangunan masyarakat yang berwawasan global.

 

Tujuan Prodi S1 Hubungan Internasional

Berdasarkan visi misi tersebut prodi Ilmu Hubungan Internasional UTY merumuskan tujuan sebagai berikut:

  1. Menciptakan sumber daya manusia dalam bidang Ilmu Hubungan Internasional, yang memiliki integritas kepribadian yang unggul, mempunyai kepedulian sosial, etos kerja, profesional, dan berjiwa entrepreuner.
  2. Menghasilkan penelitian di bidang Ilmu Hubungan Internasional khsususnya diplomasi ekonomi.
  3. Mampu memainkan peran secara aktif melalui pengabdian masyarakat dalam berbagai bidang diplomasi yang relevan, baik di sektor pemerintah maupun lembaga non pemerintah, perbankan, perusahaan, media massa dan sektor lainnya, pada tataran nasional dan internasional.