Visi & Misi Program Studi S1 Sastra Inggris

SASTRA INGGRIS

 

Deskripsi Program Studi  S1 Sastra Inggris

Program Studi (Prodi) S1 Sastra Inggris Fakultas Humaniora Universitas Teknologi Yogyakarta menawarkan kompetensi bidang apresiasi karya sastra dunia berbasis bahasa Inggris dan ketrampilan berbahasa Inggris dengan tambahan kompetensi bahasa Inggris di  bidang bisnis dan industri. Dalam bidang apresiasi karya sastra, Prodi Sastra Inggris memberikan penguatan pada produksi karya sastra, utamanya dalam tataran novel. Adapun bidang bahasa Inggris untuk bisnis dan industri memberi penekanan pada praktik berbahasa Inggris untuk komunikasi bisnis dan industri baik lisan maupun tulis. Gelar yang didapat oleh para lulusannya ialah Sarjana Sastra (S.S.).

 

Prospek Kerja

Lulusan Prodi S1 Sastra Inggris Fakultas Humaniora UTY bekerja di berbagai bidang pekerjaan baik di lembaga pemerintahan maupun swasta. Profesi para lulusan bervariasi dari bidang yang berkaitan dengan penulisan karya sastra hingga bidang profesional seperti pariwisata,  ekspor impor, jurnalistik dan media, pengajaran, penerjemahan dan interpreting, diplomasi, penerbitan, periklanan, industri kreatif dan kewirausahaan.

 

Visi Prodi Sastra Inggris:

 

“Menjadi Program Studi S1 Sastra Inggris yang berkarakter dan unggul di bidang ilmu sastra dan bahasa inggris tahun 2024 di wilayah Indonesia.”

 

Misi Prodi S1  Sastra Inggris

  1. Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran yang berkualitas di bidang Sastra Inggris dengan memanfaatkan sistem informasi dan dengan menyediakan lingkungan pembelajaran yang kreatif bagi mahasiswa sehingga mereka menjadi sumber daya manusia handal di bidang ilmu bahasa dan sastra Inggris yang berjiwa sosial dan humanis serta dapat memberikan kontribusi terbaik bagi bangsa dan memiliki daya saing yang tinggi.
  1. Menyelenggarakan penelitian yang berkualitas dan unggul di bidang bahasa dan sastra Inggris guna menegakkan kemajuan dalam disiplin akademik dan profesional.
  2. Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat, institusi, dan lembaga lain dalam Tri Dharma Perguruan Tinggi yang berdaya guna bagi kepentingan masyarakat. Memanfaatkan ilmu dan teknologi untuk meningkatkan kesejahteraan hidup  dan menghadapi tantangan besar bangsa di masa depan.

 

 

Tujuan Prodi Sastra Inggris

 

Secara umum tujuan PS S1 Sastra Inggris UTY adalah menghasilkan lulusan yang memiliki kualifikasi profesional tinggi, berdedikasi tinggi dalam profesinya, memiliki kemampuan intelektual yang mandiri, mempunyai integritas moral yang tinggi, dan memiliki kemampuan analitis di berbagai bidang pekerjaan yang memerlukan kemampuan berbahasa Inggris. Secara rinci, tujuan PS S1 Sastra Inggris UTY adalah:

  1. Menghasilkan lulusan yang unggul dalam bidang keilmuan dan ketrampilan berbahasa Inggris dan apresiasi sastra Inggris didukung ketrampilan aplikasi komputer dan teknologi informasi sehingga mampu mengembangkan dan menerapkannya dalam praktik untuk menghadi perkembangan sosial-budaya dan IPTEK.
  2. Menghasilkan penelitian yang bermanfaat bagi pengembangan ilmu dan bagi masyarakat serta dipublikasikan pada jurnal ilmiah baik pada tingkat nasional maupun internasional.
  3. Memanfaatkan hasil-hasil penelitian untuk kegiatan pengabdian kepada masyarakat demi meningkatkan kualitas kehidupan masyarakat.
  4. Memiliki jaringan kerjasama luas di bidang pendidikan, penelitian, pengabdian kepada masyarakat dan kegiatan profesional dengan pemerintah, swasta dan badan-badan lain pada tingkat nasional dan internasional dengan membangun, mengembangkan dan memelihara nilai-nilai tradisi dan budaya masyarakat.