Ilmu Komunikasi UTY Program Sarjana
Belajar di Ilmu Komunikasi UTY, mahasiswa tidak hanya dibekali dengan keterampilan di bidang public speaking, penulisan kreatif, desain grafis dan produksi video saja, namun juga dibekali untuk mempelajari keterampilan dari segi bisnis (seperti kemampuan umum dari bidang pemasaran, baik dari kemampuan strategis hingga teknis) dan teknologi informasi.
Prodi Ilmu Komunikasi UTY terakreditasi B, yang dalam proses perkuliahannya didukung oleh Dosen profesional dan berkualitas, sarana prasarana yang lengkap dan memadai, dengan kurikulum terbaru yang menyesuaikan dengan perkembangan zaman dan teknologi masa kini. Maka, tidak heran Ilmu Komunikasi UTY telah menghasilkan lulusan yang memiliki peluang karier yang sangat luas, seperti menjadi: Jurnalis, Public Relation Officer, Konten Kreator, Broadcaster, Fotografer, Desain Grafis, dan Event Organizer.
Prestasi Mahasiswa Ilmu Komunikasi UTY
Dengan kurikulum yang up to date, pilihan konsentrasi yang sesuai dengan kebutuhan masa kini, mampu menghasilkan mahasiswa Akuntansi UTY yang berhasil meraih sejumlah capaian maupun prestasi, baik di tingkat nasional maupun internasional, seperti berikut:
- Juara 3 dalam Management Essay Competition di Universitas Achmad Yani Banjarmasin Tahun 2023
- Mendapatkan pendanaan dari Flux Creative Universe dan Grace Tahir (Pengusaha Indonesia) atas pengelolaan akun instagram
- Juara 2 Lomba Essay dalam kegiatab MarcommFest 2022 di Universitas Mercu Buana Yogyakarta
- Terpilih menjadi Duta Nasional Mahasiswa Inspiratif Tahun 2021 Provinsi Papua
- Sinematografi Terbaik dalam kompetisi film di Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta tahu 2019
Kurikulum Ilmu Komunikasi UTY
Belajar di Ilmu Komunikasi UTY, mahasiswa akan diberikan pilihan untuk memilih konsentrasi unggulan, menyesuaikan dengan minat masing-masing mahasiswa. Terdapat 2 pilihan, yaitu: Bisnis Media dan Public Relations.
Semester 1 | Semester 2 |
---|---|
Pancasila (Wajib) | Kewarganegaraan (Wajib) |
Pengembangan Kepribadian (Wajib) | Bahasa Indonesia (Wajib) |
Aplikasi Teknologi Informasi (Wajib) | Aplikasi Automasi Perkantoran (Wajib) |
Basic English for Academic Purposes (Wajib) | Japanese for Daily Conversation (Wajib) |
Pengantar Ilmu Komunikasi (Wajib) | Komunikasi Massa (Wajib) |
Teori Dasar Komunikasi (Wajib) | Etika dan Filsafat Komunikasi (Wajib) |
Speaking for Presentation (Wajib) | Public Speaking (Wajib) |
Komunikasi Lintas Budaya (Wajib) | Komunikasi Persuasif (Wajib) |
Agama Islam / Agama Kristen / Agama Katolik / Agama Hindu / Agama Buddha / Agama Konghuchu (Wajib) |
Semester 3 | Semester 4 |
---|---|
Big data & Data Analytics (Wajib) | Coding & Machine Learning (Wajib) |
English for Office & Business (Wajib) | Krenovasi dan Kewirausahaan (Wajib) |
Penulisan Kreatif (Wajib) | Komunikasi Kontemporer (Wajib) |
Fotografi (Wajib) | Etika dan Regulasi Media (Wajib) |
Desain Komunikasi Visual (Wajib) | Desain Grafis dan Narasi (Wajib) |
Dasar Produksi Penyiaran (Wajib) |
Mengambil Konsentrasi Bisnis Media:
|
Mengambil Konsentrasi Bisnis Media:
|
Mengambil Konsentrasi Public Relations:
|
Mengambil Konsentrasi Public Relations:
|
Semester 5 | Semester 6 |
---|---|
Metodologi Penelitian Komunikasi (Wajib) | Manajemen Brand |
Komunikasi Bisnis (Wajib) | Persiapan Karier Komunikasi |
Personal Branding (Wajib) |
Mengambil Konsentrasi Bisnis Media:
|
Media dan Gender (Wajib) |
Mengambil Konsentrasi Public Relations:
|
Teori Media Baru (Wajib) | |
Mengambil Konsentrasi Bisnis Media:
|
|
Mengambil Konsentrasi Public Relations:
|
Semester 7 | Semester 8 |
---|---|
Produksi Video Iklan & Advertorial | Tugas Akhir (Wajib) |
Mengambil Konsentrasi Bisnis Media:
|
|
Mengambil Konsentrasi Public Relations:
|
Adalah seorang jurnalis atau penyiar di media televisi, radio, atau platform online. Tugas mereka termasuk melaporkan berita, memandu acara, dan menghasilkan konten siaran yang informatif dan menarik.
Adalah seorang profesional yang bertanggung jawab untuk menjaga dan mempromosikan citra positif perusahaan atau organisasi. Mereka bekerja untuk membangun hubungan baik dengan media, klien, dan masyarakat umum serta mengelola berita dan komunikasi perusahaan.
Adalah seorang ahli pemasaran yang berfokus pada penggunaan teknologi dan media digital untuk mempromosikan produk atau layanan. Mereka mengelola kampanye iklan online, media sosial, dan analisis data untuk mencapai target pasar.
Adalah seorang jurnalis yang menulis berita dan konten untuk situs web, blog, atau platform berita online. Mereka memiliki kemampuan menulis yang kuat dan memahami dinamika media digital.
Adalah seorang profesional yang merencanakan, mengkoordinasi, dan mengelola berbagai jenis acara seperti konferensi, seminar, pameran dagang, dan pertemuan perusahaan. Mereka memastikan acara berjalan lancar dan sesuai dengan tujuan yang telah ditetapkan.
Himpunan Mahasiswa Ilmu Komunikasi (HIMAKOM) UTY
Himpunan Mahasiswa Ilmu Komunikasi UTY ialah organisasi mahasiswa yang berada di tingkat jurusan Ilmu Komunikasi. Organisasi ini dapat menjadi wadah bagi mahasiswa ilmu komunikasi UTY untuk belajar berorganisasi, dengan menyelenggarakan beberapa jenis kegiatan seperti produksi podcast, pengabdian masyarakat, penyelenggaraan pameran karya mahasiswa, pembinaan prestasi mahasiswa Ilmu Komunikasi, produksi foto jurnalistik, dan produksi film pendek.
Selain HIMAKOM, mahasiswa Ilmu Komunikasi UTY juga berkesempatan untuk aktif dan terlibat mengikuti berbagai jenis organisasi mahasiswa lainnya di tingkat Universitas, yaitu organisasi mahasiswa yang tergabung ke dalam Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM).