Dalam Rangka Penyamaan Persepsi Dan Tindakan Untuk Memajukan UTY, Rektorat Selenggarakan Rapat Koordinasi Pimpinan

Dalam Rangka Penyamaan Persepsi dan Tindakan untuk Memajukan UTY, Rektorat Selenggarakan Rapat Koordinasi Pimpinan

Dalam Rangka Penyamaan Persepsi dan Tindakan untuk Memajukan UTY, Rektorat Selenggarakan Rapat Koordinasi Pimpinan

Universitas Teknologi Yogyakarta (UTY) kembali menggelar Rapat Koordinasi Pimpinan (RAKORPIM) yang dilaksanakan secara daring dan luring terbatas di Ruang Sidang Lantai 3 Kampus 1 UTY. Kegiatan ini dilaksanakan selama 2 hari sejak tanggal 20 hingga 21 Januari 2021 dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat dalam pelaksanaannya. Rapat dihadiri oleh seluruh pejabat struktural yang baru saja dilantik minggu kemarin (12/1). Melalui rapat ini, setiap pimpinan di lingkungan UTY melakukan koordinasi dan diskusi mengenai langkah-langkah strategis yang perlu dilakukan demi memajukan UTY kedepannya.

Pada hari pertama (20/1), rapat koordinasi langsung dipimpin oleh Rektor UTY, Dr. Bambang Moertono Setiawan, MM., Ak., CA. Dalam pengantarnya, Rektor UTY kembali menegaskan bahwa setiap pihak yang diamanahi sebagai pimpinan di lingkungan UTY harus mampu mengubah ancaman (kondisi pandemi) menjadi sebuah peluang untuk senantiasa memaksimalkan kinerja. Lebih lanjut, Bambang Moertono Setiawan juga menyatakan kepada setiap pimpinan yang diamanahi harus mampu menjadi pimpinan yang visioner, dapat menjadi panutan, paham dengan pekerjaan dan tanggung jawabnya serta mampu membuat perencanaan yang matang dalam rangka memajukan UTY.

Dalam rapat koordinasi ini, Rektor UTY menyampaikan secara detail mengenai rencana pengembangan UTY kedepannya. Bambang Moertono Setiawan menjelaskan bahwa UTY akan berfokus pada peningkatan kualitas baik mengenai tata kelola bidang akademik maupun non akademik. Dalam rangka meningkatkan kualitas tersebut, UTY akan berfokus ke arah bidang bisnis dan teknologi. Sehingga, melalui rencana peningkatan kualitas tersebut, diharapkan UTY dapat menghasilkan lulusan berkualitas yang mampu bersaing dengan lulusan dari berbagai perguruan tinggi lainnya. Tentunya, parameter yang digunakan untuk peningkatan kualitas ini tidak sebatas sampai dengan output dan outcome saja. Namun akan dilihat dan dinilai hingga pada dampaknya (impact).

Pada hari kedua (21/1), rapat koordinasi dipimpin secara bergantian oleh seluruh jajaran Wakil Rektor. Sama halnya dengan Rektor UTY, masing-masing Wakil Rektor turut menyampaikan secara detail mengenai rencana pengembangan UTY kedepannya, namun berfokus dengan ruang lingkup bidangnya masing-masing. Dalam kesempatan ini, Dr. Arief Hermawan, MT selaku Wakil Rektor I Bidang Akademik dan Riset, turut menyampaikan dan mengingatkan kembali kepada setiap pimpinan untuk bersama-sama melakukan penyamaan persepsi dan tindakan guna memajukan UTY. “Adanya kesamaan persepsi dan tindakan setiap pimpinan di lingkungan UTY, tentunya akan semakin mempermudah untuk mencapai cita-cita bersama dalam rangka memajukan UTY” Kata Arief Hermawan.

Selain itu, melalui rapat koordinasi pimpinan kali ini, Bahagia Tarigan, M.Si., Akt., CA., CPA selaku Wakil Rektor II Bidang Sumber Daya dan Keuangan, kembali menyatakan bahwa UTY sangat mampu menjadi perguruan tinggi yang menghasilkan lulusan berkualitas. Dalam rangka mewujudkan hal tersebut, UTY secara kontiyu telah melakukan perbaikan dan peningkatan kualitas yang terkait dengan tata kelola, proses pembelajaran, kualitas dosen dan tenaga kependidikan, kurikulum yang sesuai dengan kebutuhan industri, sarana dan prasarana yang memenuhi standar, pengelolaan pembiayaan serta membangun jaringan kerjasama (baik nasional maupun internasional).

Setelah penyampaian arahan oleh Wakil Rektor II, rapat kemudian dipimpin oleh Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan dan Alumni, Dr. Eko Setyo Humanika, M.Hum. Dalam penyampaiannya, Eko Setyo Humanika menyatakan bahwa dalam rangka menghasilkan lulusan UTY yang berkualitas, Bidang Kemahasiswaan dan Alumni akan turut senantiasa mendorong setiap mahasiswa UTY untuk menjadi lebih aktif berorganisasi yang positif dan mendukung mereka untuk menjadi profil lulusan yang diharapkan oleh prodinya masing-masing.

Penyampaian terakhir disampaikan oleh Wakil Rektor IV Bidang Kreativitas, Inovasi, dan Kewirausahaan, Joko Sutopo, ST., MT. Dalam arahannya, Joko Sutopo menyatakan bahwa bidangnya akan senantiasa mendorong dan mendampingi secara berkelanjutan, segala bentuk kegiatan dan partisipasi dosen maupun mahasiswa UTY, untuk melakukan berbagai kegiatan yang dapat meningkatkan kompetensi dan kualitas mahasiswa serta peran UTY kepada masyarakat, seperti dalam kegiatan riset, lomba, pengabdian masyarakat, kewirausahaan dan lain sebagainya.

 

menu
menu