Dosen Dan Mahasiswa UTY Gelar Pelatihan Penggunaan Sistem Informasi Investigasi Terhadap Demografi Dan Potensi Wisata Pada Desa Jatimulyo

Dosen dan Mahasiswa UTY Gelar Pelatihan Penggunaan Sistem Informasi Investigasi Terhadap Demografi dan Potensi Wisata Pada Desa Jatimulyo

Dosen dan Mahasiswa UTY Gelar Pelatihan Penggunaan Sistem Informasi Investigasi Terhadap Demografi dan Potensi Wisata Pada Desa Jatimulyo


Sejumlah Dosen dan Mahasiswa Universitas Teknologi Yogyakarta (UTY), yang tergabung di dalam tim PkM (Pengabdian Kepada Masyarakat) yang mendapatkan hibah pendanaan pengabdian masyarakat melalui skema pemberdayaan berbasis masyarakat dari Kemdikbud Ristek RI pada tahun 2023, diketahui telah menggelar kegiatan sosialisasi dan pelatihan terkait sistem informasi investigasi terhadap demografi dan potensi wisata pada Desa Jatimulyo. Kegiatan tersebut, telah digelar secara luring bertempat di Kantor Kalurahan Jatimulyo, Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta.


Turut hadir pada acara tersebut ialah seluruh tim PkM dari UTY itu sendiri, yang terdiri atas 3 Dosen UTY, yaitu Muhammad Zakariyah, Fadil Indra Sanjaya dan Anna Dina Kalifia, serta dihadiri anggota tim yang merupakan mahasiswa UTY yaitu Taufik Hidayah, Fariddudin Ar-Razi AB, Elfan Fanhas Khoeri, dan Muhammad Nurjaman. Hadir pula pada kegiatan tersebut ialah para pengelola dari desa wisata di sekitar wilayah Jatimulyo, perwakilan dari perangkat kalurahan, dan beberapa warga desa Jatimulyo.


Zakariyah, selaku salah satu anggota tim dari PkM UTY kali ini, saat ditemui di ruangannya, turut menjelaskan bahwa, pada prinsipnya kegiatan pelatihan ini digelar oleh timnya, dalam rangka untuk memberikan pengarahan dan penjelasan secara mendetail kepada seluruh peserta yang hadir, terkait cara menggunakan dan memanfaatkan sistem aplikasi yang telah dibuat oleh timnya tersebut.


“Sistem aplikasi ini kami rancang, dengan harapan dapat menjadi solusi untuk mengembangkan pengelolaan desa wisata Jatimulyo. Adapun sistem aplikasi ini kami rancang dengan 3 fitur utama antara lain untuk mengoleksi data dan memetakan potensi usaha di Kawasan desa wisata Jatimulyo, sebagai wadah bagi pengunjung wisata untuk memberikan berbagai bentuk feedback setelah mengunjungi desa wisata Jatimulyo, dan dapat dimanfaatkan sebagai sistem monitoring wisata secara realtime. Maka dari itu dengan terciptanya aplikasi ini, perlu dilakukan pelatihan, agar seluruh pihak terkait dapat dengan maksimal menggunakan aplikasi ini kedepannya” ujar Zakariyah.


Sementara itu, Ms Hendriyawan A, S.T., M.Eng., Ph.D, selaku Wakil Rektor IV UTY bidang Kreativitas, Kewirausahaan dan Pengabdian Masyarakat, saat ditemui turut menyampaikan apresiasinya atas kegiatan PkM yang telah digelar oleh Zakariyah dan kawan-kawan.


“Semoga kegiatan PkM yang telah digelar tersebut, dapat memberikan berbagai manfaat, untuk semakin mengembangkan potensi wisata yang ada di desa Jatimulyo kedepannya dan UTY akan senantiasa mendukung kegiatan PkM melalui penguatan platform dan ekosistem internal bidang pengabdian kepada masyarakat. Selain itu, diharapkan pula kedepannya Kawasan wisata Jatimulyo dapat menjadi salah satu destinasi wisata unggulan yang selalu ramai dikunjungi oleh para wisatawan” ujar Hendriyawan.


menu
menu