Dosen UTY Ciptakan Media Pembelajaran Antropometri Berbasis Augmented Reality

Dosen UTY Ciptakan Media Pembelajaran Antropometri Berbasis Augmented Reality

Dosen UTY Ciptakan Media Pembelajaran Antropometri Berbasis Augmented Reality


Antropometri adalah salah satu subjek materi kuliah, yang memang diajarkan bagi mahasiswa Teknik Industri UTY, salah satunya melalui mata kuliah Ergonomi Kognitif. Melalui materi tersebut, diharapkan setiap mahasiswa Teknik Industri, utamanya bagi mahasiswa Teknik Industri UTY, nantinya dapat dengan mudah untuk merancang sebuah produk, agar sesuai dengan ukuran dimensi tubuh manusia. Hal ini, tentu menjadi sangat penting untuk dipelajari oleh mahasiswa Teknik Industri UTY, agar dapat mengetahui bagaimana menciptakan sebuah produk, yang dalam proses pembuatannya akan mempertimbangkan faktor kenyamanan, keamanan, dan keselamatan bagi para pengguna produk yang dihasilkan tersebut.


Mengingat pentingnya materi tersebut, kemudian mendorong beberapa Dosen UTY untuk melakukan sebuah penelitian. Tepatnya ialah sebuah penelitian yang dilakukan, dalam rangka untuk menciptakan sebuah media pembelajaran antropometri berbasis augmented reality, yang mana dalam prosesnya, ternyata penelitian tersebut juga berhasil mendapatkan sumber pendanaan dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi RI, melalui skema PDP (Penelitian Dosen Pemula) pada tahun 2021 lalu.


Adapun dosen yang dimaksud ialah Ferida Yuamita, S.T., M.Sc, dosen dari Prodi Teknik Industri UTY, yang berkolaborasi dengan Ulfa Amalia, S.Psi., MA, yang merupakan dosen dari Prodi Bimbingan dan Konseling UTY.


Melalui hasil penelitian tersebut, keduanya diketahui telah berhasil menciptakan sebuah aplikasi media pembelajaran antropometri berbasis augmented reality. Melalui aplikasi tersebut, para pengguna aplikasi dapat dengan mudah untuk mempelajari antropometri, dengan tampilan 3 dimensi, yang jauh lebih spesifik mendekati dunia nyata.


Kaprodi Teknik Industri UTY, Widya Setiafindari, S.T., M.T, yang ditemui di ruangannya menjelaskan bahwa, dengan adanya hasil riset yang dihasilkan oleh salah satu Dosen Prodi Teknik Industri ini, maka akan semakin membuat proses pembelajaran di Prodi Teknik Industri UTY, tepatnya pada salah satu materi perkuliahan, jauh menjadi lebih menarik dan detail. Bahkan, akan membuat kualitas proses pembelajaran jauh menjadi lebih baik dan efektif. 


“Hasil riset yang dihasilkan oleh dosen UTY kali ini, jelas sangat berguna dan menjadi penting sekali. Tentu kami sangat mengapresiasi hal ini. Terlebih dampak yang dihasilkan dari riset tersebut, sangat inovatif dalam rangka untuk meningkatkan kualitas proses pembelajaran di Prodi kami” ucap Widya dalam penjelasannya.


Mengakhiri penjelasannya, Widya turut berpesan dan berharap, agar kedepannya melalui capaian riset yang telah dicapai oleh dosen UTY kali ini, dapat turut mendorong dosen UTY lainnya, bahkan bagi mahasiswa UTY lainnya, agar turut melakukan berbagai penelitian serupa, yang memang memiliki banyak dampak positif, bagi peningkatan kualitas proses pembelajaran di UTY.


menu
menu