Dosen UTY Raih Hibah Pendanaan Matching Fund Dari Kemdikbud Ristek RI

Dosen UTY Raih Hibah Pendanaan Matching Fund dari Kemdikbud Ristek RI

Dosen UTY Raih Hibah Pendanaan Matching Fund dari Kemdikbud Ristek RI


Dosen Universitas Teknologi Yogyakarta (UTY), kembali raih prestasi membanggakan. Kali ini, prestasi tersebut diketahui telah berhasil diraih oleh lima dosen UTY, yang tergabung di dalam satu 1 tim. Kelima dosen UTY tersebut, diketahui telah berhasil memperoleh hibah pendanaan matching fund, yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi RI, melalui platform Kedaireka. Secara mendetail, tim dosen UTY tersebut telah berhasil memperoleh pendanaan, atas program matching fund untuk tahun anggaran 2022 pada gelombang ke-5, bersama dengan berbagai tim dosen terpilih lainnya, yang berasal baik dari PTN maupun PTS di seluruh Indonesia.


Adapun kelima dosen UTY yang dimaksud ialah Ms Hendriyawan A, S.T., M.Eng., Ph.D, yang merupakan dosen Prodi Teknik Elektro, yang sekaligus menjadi ketua tim dalam program ini. Selanjutnya ialah Adam Sekti Aji, S.Kom., M.Kom, yang merupakan dosen pada Prodi Informatika dan merupakan anggota dalam tim ini. Selain itu, anggota lainya dari tim ini ialah Dr. Eng. Pramudwiatmoko, S.T., M.Eng, Rhodiyah Mardhiyyah, S.Kom., M.Kom serta Ari Sugiharto, S.Si., M.Eng. Ketiganya merupakan dosen pada Prodi Teknik Komputer UTY.


Melalui hibah pendanaan ini, tim dari UTY diketahui akan bermitra dengan PT Mitra Sarana Data (GMEDIA), dalam rangka untuk mengembangkan purwarupa sistem monitoring debit dan kualitas air secara jarak jauh dan real-time, berbasis teknologi internet of things (IoT). Topik tersebut diangkat, diketahui sebagai bentuk respon dari tim dosen UTY untuk turut membantu GMEDIA, dalam rangka untuk menyelesaikan kendala yang dihadapi GMEDIA, yang berminat untuk mengembangkan sistem pengawasan kualitas air minum melalui jaringan internet, yang bisa di akses publik.


Dr. Arief Hermawan, ST., MT, selaku Wakil Rektor I Bidang Akademik dan Riset UTY, yang ditemui di ruangannya, turut menyampaikan apresiasinya atas prestasi yang telah diraih oleh kelima dosen UTY tersebut.


“Tentu kami sangat mengapresiasi atas capaian ini. Hal ini merupakan suatu capaian yang sangat baik, dan kembali menjadi bukti bahwa ternyata dosen-dosen di lingkungan UTY, sangat mampu untuk mengimplementasikan teori yang dipelajari di lingkungan kampus, untuk kemudian diimplementasikan dalam rangka menyelesaikan berbagai permasalahan yang terjadi di Industri” ucap Arief.


Mengakhiri pesannya, Arief turut menyampaikan pesan dan harapannya, agar capaian yang telah diraih oleh tim dosen UTY kali ini, dapat turut menjadi sumber inspirasi dan pendorong bagi dosen UTY lainnya, untuk turut bergabung mengikuti program ini untuk periode selanjutnya. Mengingat, positifnya dampak yang dihasilkan melalui program matching fund ini bagi perkembangan industri kedepannya.

menu
menu