Dua Artikel Mahasiswa PBI Dipublikasikan Di Jurnal Nasional

Dua Artikel Mahasiswa PBI Dipublikasikan di Jurnal Nasional

Dua artikel karya Fatmawati Setia Utami dan Himatul Khoiriyah mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Inggris (PBI) Universitas Teknologi Yogyakarta (UTY) telah lolos untuk dipublikasikan di jurnal ENGLISH REVIEW: JOURNAL OF ENGLISH EDUCATION (ERJEE). Dalam waktu dekat dua artikel hasil penelitian yang dibimbing oleh Juhansar, S.Pd., M.A., tersebut akan dimuat di jurnal yang terakreditasi peringkat SINTA 2 (Science & Technology Index)RistekDikti.

Fatmawati Setia Utami menulis artikel berjudul The implementation of Jumbled-Sentences Toward Students’ Writing Skill. Hal yang mendasari dari penelitiannya, ia ingin dapat meningkatkan minat para mahasiswa dan pelajar dalam menulis. Menurutnyahal itu membutuhkan suatu kreatifitas dan inovasi oleh seorang pendidik agar pembelajaran tidak bersifat monoton dan membosankan. Oleh karenanya, dia melakukan sebuah penelitian dengan menggunakan pendekatan Classroom Action Reseach dalam rangka pencapaian pembelajaran yang lebih efektif dan efisien melalui jumbled-sentence technique. Pendekatan tersebut cenderung berhasil dalam menstimulasi dan menumbuhkan pra-paham dan pemahaman serta minat para peserta didik dalam menulis suatu teks dalam bahasa Inggris.

Sedangkan Himatul Khoiriyah menulis artikel berjudul The Students Achievement in Pronouncing English Song using Smule Application. Dalam artikelnya, Himatul menyampaikan bahwa perkembangan sains dan teknologi adalah keniscayaan. Sains dan teknologi memiliki dampak yang cukup signifikan dalam dunia pendidikan. Di satu sisi hal tersebut menyebabkan para peserta didik cenderung berpikir pragmatis dalam melakukan kegiatan akademis. Di sisi lain, perkembangan teknologi merupakan suatu peluang dan tantangan tersendiri untuk memanfaatkan potensi konstruktif yang dimilikinya. Selanjutnya dia lebih menitikberatkan tulisannya pada bagaimana Smule Application mampu memberi manfaat pada peningkatan pronunciation peserta didik ketika berbahasa Inggris, baik segmental maupun supra segmental.

Kaprodi PBI UTY, Suryo Sudiro, S.S., M. Hum memberikan apresiasi atas pencapaian kedua mahasiswanya tersebut. Ia mengungkapkan bahwa inovasi, kreativitas dan aplikasi teknologi merupakan tiga hal penting dalam mengajar bahasa Inggris. Dan sejak tahun 2016 ia selalu mengingatkan mahasiswa PBI untuk meningkatkan kemampuan menulis, katanya. Lebih lanjut ia menyampaikan bahwa semua mahasiswa PBI perlu mengenal dunia penulisan ilmiah dan meningkatkan kemampuan menulis mereka dengan matang. Semua dosen PBI UTY pun menyadari hal ini sehingga mereka sangat memperhatikan kemampuan menulis mahasiswa-mahasiswanya, tambahnya.

Sementara itu, Dekan Fakultas Pendidikan UTY, Dr. Mustaqim Pabbajah, M.A. mengungkapkan bahwa kebiasaan dan skill menulis sangat diperlukan bagi insan akademik, dan hasil tulisan yang baik seyogyanya dipublikasikan ke jurnal yang bereputasi, baik nasional maupun internasional. Tulisan kedua mahasiswa Fakultas Pendidikan UTY tersebut sudah membuktikan kualitas tulisan yang baik dan perlu diapresiasi, karena salah satunya telah diterbitkan di jurnal bereputasi nasional. Hal ini tentunya tidak terlepas dari proses belajar mengajar yang baik yang telah dilalui selama di kampus UTY.

menu
menu