Dukung Perkembangan Inovasi Teknologi, Mahasiswa Dan Dosen UTY Isi Baron Techno Festival

Dukung Perkembangan Inovasi Teknologi, Mahasiswa dan Dosen UTY Isi Baron Techno Festival

Dukung Perkembangan Inovasi Teknologi,

Mahasiswa dan Dosen UTY Isi Baron Techno Festival

 

Universitas Teknologi Yogyakarta (UTY), Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT), Pemda Kabupaten Gunung Kidul, dan Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta berkolaborasi menyelenggarakan kegiatan Baron Techno Festival. Dalam kolaborasi kali ini, UTY menerjunkan mahasiswa dan dosen untuk mengisi kegiatan Techno Camp yang diikuti oleh 38 SMA, SMK dan MA yang berasal dari DIY dan Jateng. Terdapat  250 pelajar mengikuti workshop dan lomba tersebut.

Dua agenda Techno Camp adalah workshop technologi robotika dan aero modelling, dan lomba. Tim Robotika UTY memberikan materi mengenai robotika, serta pembuatan aeromodeling dan roket air. Sementara dari dosen, menyampaikan materi workshop perkembangan teknologi dan relasinya dengan dunia kekinian. Dr. Arief Hermawan, MT, sebagai salah seorang pemateri sekaligus Wakil Rektor 1 Bidang Akademik dan Riset UTY, menyampaikan mengenai big data dalam era teknologi digital saat ini. “Berbagai data yang ada saat ini, begitu banyak, diperlukan pengetahuan dan keahlian untuk mengolahnya sehingga dapat menjadi acuan dalam menentukan kebijakan,” kata Arief.

Saat ini, UTY telah membuka prodi baru sebagai jawaban dan mengakomodasi tuntutan zaman yakni prodi Sains Data (Data Science). Selain itu, di UTY terdapat pula prodi Informatika Medis yang memunyai disiplin ilmu pemanfaatan komputer dan teknologi komunikasi di bidang kesehatan. Prodi tersebut merupakan prodi yang kali pertama ada di Indonesia

Baron Techno Festival dilaksanakan pada Sabtu-Minggu, 16—17 November 2019 ini banyak menghadirkan kegiatan untuk pelajar dan umum. Di antaranya adalah lomba mewarnai, melukis, kesenian daerah, pameran UKM dan inovasi teknologi, serta senam aerobik untuk masyarakat umum.

Wakil Rektor 4 Bidang Kreativitas dan Inovasi, Joko Sutopo, S.T., M.T., menyampaikan bahwa kegiatan Baron Techno Festival, menjadi salah satu ajang untuk mengenalkan teknologi kepada para pelajar dan masyarakat umum. Partisipasi mahasiswa dan dosen UTY dalam Techno Camp kali ini sebagai wujud kontribusi pengembangan teknologi robotika dan aeromodelling khususnya pada para siswa SLTA yang mengikuti Techno Camp kali ini, ungkapnya.   

Sementara Rektor UTY, Dr. Bambang Moertono S, MM., Akt., CA., dalam pidato sambutan di awal pembukaan festival yang dihadiri juga oleh pejabat dari BPPT, Pemda Kabupaten Gunung Kidul, dan Pemerintah DIY,  memberikan dukungan besar atas terselenggaranya kegiatan ini.

Bambang Moertono menyebutkan bahwa inovasi dan kreativitas menjadi perhatian khusus UTY. “Untuk saat ini, kami terus mengembangkan inovasi, terutama pada teknologi tepat guna. Kami menerapkan agar hasil penelitian tidak sekadar tergeletak di ruang perpustakaan, melainkan harus menjadi wujud nyata yang manfaatnya dapat dirasakan oleh masyarakat.”


menu
menu