Dukung Program Peningkatan Kualitas Sanitasi Di Sekolah, Dosen UTY Mulai Sosialisasikan Program Peningkatan Akses Air Bersih Di SDN Lanteng Baru

Dukung Program Peningkatan Kualitas Sanitasi di Sekolah, Dosen UTY Mulai Sosialisasikan Program Peningkatan Akses Air Bersih di SDN Lanteng Baru

Dukung Program Peningkatan Kualitas Sanitasi di Sekolah, Dosen UTY Mulai Sosialisasikan Program Peningkatan Akses Air Bersih di SDN Lanteng Baru

Dosen Universitas Teknologi Yogyakarta (UTY), kembali menggelar kegiatan pengabdian masyarakat. Kali ini, diketahui bahwa pengabdian masyarakat tersebut, akan dilaksanakan oleh beberapa Dosen UTY, yang akan berfokus untuk meningkatkan akses air bersih di SDN Lanteng Baru, dalam rangka untuk mendukung program sanitasi pada sekolah tersebut. Sebagai tahap awal untuk mengimplementasikan program tersebut, diketahui ketiganya telah menggelar kegiatan sosialisasi, yang telah terlaksana pada hari Selasa (19/7) lalu, bertempat di SDN Lanteng Baru, Kajor, Selopamioro, Imogiri, Bantul, DIY.


Turut hadir dalam acara sosialisasi tersebut, ialah tim pengabdian masyarakat dari UTY yang terdiri atas dosen dan beberapa mahasiswa dari Prodi Teknik Sipil UTY, Kepala Sekolah dan Guru serta beberapa karyawan dari SDN Lanteng Baru.


Adapun tim dosen, yang tergabung dalam kegiatan pengabdian masyarakat ini, terdiri atas 3 orang yaitu  Puji Utomo, ST., M.Eng (dosen Prodi Teknik Sipil), Annisa Mu’awanah Sukmawati, ST., MT (dosen Prodi Perencanaan Wilayah dan Kota), dan Algazt Aryad Masagala, S.T., M.Eng, yang juga merupakan dosen dari Prodi Teknik Sipil UTY.


Pada kegiatan ini, diketahui terdapat tiga hal utama, yang kemudian menjadi pokok bahasan dalam acara sosialisasi tersebut. Pertama, kegiatan diawali dengan penjelasan dari tim pengabdian UTY, mengenai hal yang menjadi latar belakang dari pelaksanaan pengabdian kali ini. Kedua, acara dilanjutkan dengan pemaparan hasil survei dari tim pengabdian UTY tersebut, mengenai kondisi terkait sanitasi SDN Lanteng Baru saat ini, dan menjelaskan hal-hal yang perlu ditingkatkan/diperbaiki. Ketiga, acara dilanjutkan dengan penjelasan detail mengenai program pengabdian yang akan dilaksanakan, termasuk penjelasan mengenai titik lokasi pemasangan beberapa alat/fasilitas yang dibutuhkan dalam pengabdian ini, serta detail jadwal atas pelaksanaan setiap program dalam pengabdian ini, yang ditargetkan akan selesai pada Bulan Oktober 2022 mendatang.


Hari Nuryanto, S.Or, selaku Kepala Sekolah SDN Lanteng Baru, melalui sambutannya pada kegiatan sosialisasi tersebut, turut mengucapkan terima kasih dan menyambut baik adanya program pengabdian yang akan dilaksanakan oleh tim dari UTY kali ini.


“Kami sangat menyambut baik adanya program ini. Bahkan, kami sejak lama memang sangat menunggu akan adanya program pengabdian ini. Mengingat, fasilitas terkait sanitasi di sekolah kami memang perlu ditingkatkan. Selain itu, perlu kami sampaikan juga bahwa, program pengabdian yang dilaksanakan oleh UTY kali ini, sangat sejalan dengan salah satu program utama dari SDN Lanteng Baru saat ini, yang memang sedang berfokus untuk menjadikan SDN Lanteng Baru, menjadi sekolah yang ramah bagi anak. Maka dari itu, kami mengucapkan terima kasih, atas inisiatif dari tim pengabdian UTY kali ini, yang dengan sukarela dan berkomitmen untuk membantu kami” ucap Hari.


Sementara itu, Puji selaku ketua tim pengabdian UTY kali ini, dalam sambutannya turut menjelaskan harapannya, agar kedepannya, pihak-pihak yang terlibat dalam pengabdian ini, dapat secara maksimal untuk menjalankan setiap program dalam pengabdian ini.


“Kami mohon doanya, agar setiap program yang kami rencanakan ini, dapat terlaksana tepat waktu. Kami juga berharap, agar kedepannya setiap pihak, termasuk dari pihak SDN Lanteng Baru, juga turut membantu kami, bergotong royong agar kegiatan pengabdian ini dapat berjalan sesuai dengan harapan bersama” ungkap Puji.


Perlu diketahui bahwa, kegiatan pengabdian masyarakat yang akan dilaksanakan oleh tim dari UTY kali ini, merupakan bentuk dari realisasi program pengabdian masyarakat oleh tim tersebut, yang diketahui telah memperoleh hibah pendanaan pengabdian masyarakat tahun 2022, melalui skema program kemitraan masyarakat, yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi RI.


menu
menu