HMJ Psikologi UTY Sukses Gelar Seminar Nasional “Self Exploration: Boost Your Intrapersonal And Interpersonal Skills To Create A Bright Future”

HMJ Psikologi UTY Sukses Gelar Seminar Nasional “Self Exploration: Boost Your Intrapersonal and Interpersonal Skills to Create a Bright Future”

HMJ Psikologi UTY Sukses Gelar Seminar Nasional “Self Exploration: Boost Your Intrapersonal and Interpersonal Skills to Create a Bright Future


Himpunan Mahasiswa Jurusan Psikologi Universitas Teknologi Yogyakarta (UTY), diketahui telah menggelar seminar nasional, dengan tajuk “Self Exploration: Boost Your Intrapersonal and Interpersonal Skills to Create a Bright Future”, pada hari Sabtu (17/6) kemarin, bertempat di ruang Sidang Basement Kampus 1 UTY. Dalam acara ini, hadir dua narasumber yaitu Cania Mutia, M.Psi., Psikolog, seorang pakar Psikologi Klinis dan Yanies Novira Soedarmadi, S.Psi., M.Psikolog, yang merupakan Dosen dari Prodi Psikologi UTY.


Seminar nasional ini diselenggarakan untuk memberikan pemahaman dan persiapan bagi individu untuk mengeksplorasi dirinya agar dapat mengembangkan kemampuan intrapersonal dan interpersonal, supaya mereka mengetahui keterampilan, passion, kemampuan, dan kualitas dirinya di dunia kerja.


Yanies Novira Soedarmadi, dalam pemaparan materinya mengatakan bahwa untuk mengeksplorasi  dan menemukan potensi-potensi dalam dirinya, seseorang setidaknya harus mampu melakukan empat hal, yaitu mengelola emosi, mendengarkan pendapat orang lain, mampu menata komunikasi non verbal dan mampu berkomunikasi secara asertif kepada orang lain.


Sementara, Cania Mutia, dalam penjelasannya mengungkapkan pentingnya eksplorasi diri, di mana seseorang harus mampu mengumpulkan informasi terkait ketertarikan, keterampilan, kemampuan, nilai, kepribadian, maupun kesiapan dalam karirnya. Menurut Cania, eksplorasi diri tersebut bisa ditempuh dengan solo activity (aktivitas mandiri) atau eksplorasi dengan melibatkan orang lain.


Solo activity misalnya dengan membuat catatan terkait representasi diri, minat, bakat, potensi, kekuatan dan kekurangan dirinya. Sementara yang melibatkan orang lain, misalnya berpartisipasi dalam kelas belajar, mengikuti seminar atau workshop, dan berkonsultasi dengan profesional”, ungkap Cania.


Sementara itu, Dekan Fakultas Bisnis & Humaniora UTY, Dr. R. Yohanes Radjaban, M.Hum., yang hadir, dalam sambutannya turut mengungkapkan bahwa acara seminar ini penting untuk diikuti, dalam rangka untuk mengasah kemampuan intrapersonal dan interpersonal setiap peserta yang hadir, dan kemudian dapat menjadi bekal yang penting untuk meniti karir di masa yang akan datang. 


“Seminar nasional ini memberikan wawasan pada kita semua, bahwa baik kemampuan intrapersonal maupun interpersonal, adalah kemampuan yang penting sebagai bekal karir di masa depan. Untuk itu, pihak Fakultas menyambut baik acara ini dan semoga kedepannya akan muncul alumni-alumni baru yang cemerlang karirnya di dunia kerja”, ungkap Radjaban.


Dari pantauan kami, acara seminar nasional kemarin berlangsung meriah dan dihadiri lebih dari 100 orang, baik dari mahasiswa Psikologi UTY, mahasiswa prodi lain, dan mahasiswa dari berbagai universitas di Yogyakarta, seperti Universitas Islam Indonesia dan Universitas Ahmad Dahlan. Peserta tampak antusias untuk bertanya pada pemateri.


menu
menu