HMJ Teknik Sipil UTY Gelar Seminar Nasional Green Construction

HMJ Teknik Sipil UTY Gelar Seminar Nasional Green Construction

HMJ Teknik Sipil UTY Gelar Seminar Nasional Green Construction


HMJ Teknik Sipil, Universitas Teknologi Yogyakarta (UTY) diketahui telah menggelar kembali kegiatan seminar nasional. Pada gelaran kali ini, HMJ tersebut diketahui telah menggelar seminar nasional, dengan tajuk “Analisis Kendala dalam Penerapan Green Construction dan Strategi untuk Mengatasinya”, dan diselenggarakan kembali secara luring pada hari Sabtu (17/6) kemarin, bertempat di Kampus 2 UTY.


Dalam pelaksanaannya, HMJ Teknik Sipil UTY telah menghadirkan 3 narasumber untuk mengisi secara langsung kegiatan seminar tersebut. Adapun ketiga narasumber yang dimaksud ialah Dr. Ir. Wulfram Indri Ervianto, M.T, yang merupakan Dosen Prodi Teknik Sipil Universitas Atma Jaya Yogyakarta, dan sekaligus merupakan penulis dari Buku “Selamatkan Bumi Melalui Konstruksi Hijau”; Ir. Ali Awaludin, S.T., M.Eng., Ph.D., IPM., Profesor Madya Universitas Gadjah Mada, dan sekaligus merupakan Kepala Editor Journal of the Civil Engineering; terakhir, ialah Baritoadi Buldan Rayaganda Rito, S.T., M.A., IAI., GP, yang merupakan Dosen Prodi Arsitektur Universitas Islam Indonesia, dan juga merupakan Owner dari PT Surya Unggul Nusa dan PT Surya Global Prima. Sementara itu, seminar ini diketahui juga menghadirkan Ir. Rika Nuraini, S.T., M.Eng., Env., Dosen Prodi Teknik Sipil UTY, yang ditunjuk untuk menjadi moderator pada acara tersebut.


Dalam sambutannya, Ketua Panitia, Dimas Angga Saputra, menyampaikan bahwa gelaran seminar nasional mengenai Green Construction ini memang sangat penting untuk diikuti serta relevan dengan kondisi dan kebutuhan saat ini.


“Kita dapat melihat, banyaknya kerusakan lingkungan yang terjadi, khususnya di daerah perkotaan, sebagai akibat dari pembangunan berbagai jenis bangunan yang tidak memperhatikan dari sisi lingkungan berkelanjutan dalam proses pembangunannya. Maka dari itu seminar terkait Green Construction ini masih sangat perlu kita ikuti bersama. Green Construction dapat menjadi solusi untuk meminimalisir berbagai kerusakan lingkungan yang berpotensi terjadi sebagai akibat dari proses pembangunan, utamanya di wilayah perkotaan. Karena membangun bukan hanya sekedar membangun tetapi juga merawat ucap Dimas.


Sementara itu, Adwiyah Asyifa, S.T., M.Eng, selaku Kaprodi Teknik Sipil UTY, yang turut hadir dalam seminar tersebut, turut menyampaikan apresiasinya kepada pihak HMJ Teknik Sipil beserta semua panitia yang terlibat, karena telah berhasil dan sukses menyelenggarakan kegiatan seminar tersebut.


“Kami ucapkan terima kasih atas gelaran seminar ini. Mengingat topik yang diangkat melalui seminar ini, sesuai dengan konsentrasi prodi dan masih sangat relevan dengan kebutuhan sekarang maupun mendatang dimana mempertahankan kelestarian lingkungan dibalik laju pembangunan adalah hal mutlak yang harus dilakukan. Selain itu untuk meminimalisir berbagai kerusakan lingkungan yang berpotensi terjadi, sebagai akibat dari proses pembangunan berbagai jenis bangunan, utamanya di daerah perkotaan” ujar Adwiyah. 


Mengakhiri pesannya, Adwiyah turut menyampaikan harapannya, agar setiap peserta yang hadir dapat menyerap dengan maksimal setiap materi yang akan disampaikan oleh setiap narasumber yang dihadirkan dalam gelaran seminar kali ini.


menu
menu