Ikuti Program Erasmus +, UTY Kembali Kirim Dosen Ke Eropa

Ikuti Program Erasmus +, UTY Kembali Kirim Dosen ke Eropa

Universitas Teknologi Yogyakarta kembali mengirimkan dosennya ke Eropa, dalam Program Erasmus+ yang didanai oleh Uni Eropa. Kali ini UTY mengirim Rianto, S.Kom., M.Eng , dosen di bidang Teknologi Informasi yang jugasebagai Kepala Pusat Komputer UTY. Keberangkatan Rianto, tidak terlepas dari keberhasilan dosen-dosen UTY dalam melaksanakan Program Erasmus+ pada beberapa tahun terakhir ini.Dalam program Erasmus +yang dilakukan dari tanggal 1-11 Nopember 2018 ini, Rianto menjadi dosen tamu di Zagreb University Croatia, dengan topik pembelajaran Keamanan Data. Selain sebagai dosen tamu Rianto juga melakukan benchmarking, terkait teknologi informasi baik yang ada di University of Zagreb maupun di Croatia pada umumnya.

Kunjungan dan presentasi yang dilakukan Rianto selama di Croatia diantaranya di CARNET (Croatian Academic and Research Network). Selain presentasi, Rianto melakukan meeting dengan Tim CARNET untuk melihat sekaligus benchmarking, terkait topologi jaringan pendidikan di Croatia. Rianto menyampaikan bahwa jaringan pendidikan di Croatia tidak hanya di perguruan tinggi saja. Namun mulai dari elementary school sampai dengan university. Dalam acara tersebut juga dipresentasikan teknologi pendidikan yang dikembangkan di Croatia, seperti e-learning, video conference, dan education monitoring.

Sebagai Kepala PUSKOM UTY, Rianto juga melakukan kunjungan dan benchmarking ke SRCE (The University Computing Centre), yakni Pusat Komputer di University of Zagreb yang bekerja sama dengan CARNET . SCRE disiapkan untuk memberikan support terhadap technology dalam bidang national academic information systems, identity management infrastructure, davanced computing infrastructure, academic and national network infrastructures, e-learning, training and user support, International cooperation, programs and projects, dan Croatian scientific and educational cloud (HR-ZOO).

Rianto menyampaikan bahwa presentasinya terkait dengan teknologi secara umum, teknologi di UTY dan teknologi di Indonesia pada umumnya mendapat sambutan hangat dari Dekan, para Dosen dan Mahasiswa Faculty of Electrical Engineering and Computing, University of Zagreb. Banyak pertanyaan disampaikan dari Mahasiswa, Dosen dan Dekan mengenai teknologi yang dikembangkan di UTY, dan apa yang bisa dikerjasamakan dengan UTY, ungkapnya.

Selain presentasi kepada mahasiswa, Rianto juga melakukan presentasi di Network Administrator Faculty of Electrical Engineering and Computing, University of Zagreb. Rianto menyetarakan lembaga tersebut seperti PUSKOM di UTY. Saat itu, Rianto mempresentasikan tentang jaringan UTY dan fasilitas-fasilitas yang telah disediakan. Pada kesempatan itu juga dikenalkan jaringan EDUROAM, yaitu layanan roaming internasional untuk pengguna dalam penelitian, pendidikan tinggi, dan pendidikan lanjutan. Menurutnya, jaringan tersebut sangat memudahkan baik bagi guru, dosen, maupun peneliti untuk mendapatkan akses jaringan yang sangat mudah terutama di Eropa.

Dari hasil kunjungan sebagai dosen tamu sekaligus melakukan benchmarking terutama dalam teknologi informasi tersebut, Rianto menyampaikan bahwa secara teknologi yang dimiliki UTY saat ini tidak terlalu tertinggal, dengan yang ada di Croatia. Namun yang membedakan Infrastruktur teknologi di Croatia disupport penuh oleh pemerintah dengan backbone seluruh universitas yang ada di Croatia sebesar 10 GB. Selain itu iklim pendidikan tinggi di Croatia juga sudah sangat kental dengan penelitian dan publikasi. Sehingga layanan jaringan pengetahuan difasilitasi kampus seluas-luasnya. University of Zagreb buka 24 Jam tanpa satpam dan pengamanan apapun.

menu
menu