KSPM UTY Gelar Kompetisi Stocklab

KSPM UTY Gelar Kompetisi Stocklab

Kesiapan untuk berkompetisi merupakan hal penting yang perlu disiapkan oleh generasi muda untuk berkarir di dunia bisnis nyata. Termasuk bagi mereka yang berminat merencanakan kariernya di bidang pasar modal. Dalam rangka menumbuhkan iklim kompetisi dan memotivasi mahasiswa untuk mengasah kemampuan dalam berbisnis di pasar modal, Kelompok Studi Pasar Modal (KSPM) Universitas Teknologi Yogyakarta (UTY) menyelenggarakan Kompetisi Stocklab bertajuk “Take Your Point, Take Your gain. And Be a Winner”.
Johny, salah satu pengurus KSPM UTY menyampaikan bahwa stocklab merupakan sebuah permainan kartu pengenalan pasar modal, mirip seperti kartu remi atau uno. Yang membedakannya, dalam permainan stocklab kartu yang digunakan adalah kartu saham, kartu emiten, dan kartu aksi. Permainan ini pun mengenalkan para pesertanya ke rumor yang bisa jadi sentimen pergerakan suatu saham dan trading fee. Kemenangan dari pemain ditentukan oleh seberapa besar gain yang diperoleh dri transaksi jual dan beli dengan mempertimbangkan isu-isu terkait dengan bisnis yang berkembang baik di tingkat nasional maupun global. Sehingga sangat dibutuhkan kepekaan sense of business, dan kejelian dalam melihat dan mengantisipasi setiap isu dan perkembangan berbagai aspek kehidupan terutama yang terkait dengan bisnis.

Kompetisi stocklab yang diselenggarakan KSPM UTY pada awal Maret ini diikuti oleh 60 peserta yang berasal dari berbagai perguruan tinggi di DIY - Jateng dan beberapa dari SMA yang telah mengajarkan pasar modal. Diantaranya Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, Universitas Mercu Buana Yogyakarta, Universitas Aisyiah Yogyakarta, STIE YKPN, SMAN 5 Yogyakarta, SMA Budi Mulia 2 Yogyakarta dan beberapa lainnya. Setelah berkompetisi secara obyektif selama hampir satu hari penuh, akhirnya terpilih tiga orang yang berhak menjadi finalis. Adapun hasil kompetisi di babak final keluar sebagai juara 1 Galuh Yoga Adi Pratama dari UTY, Juara 2 Muhammad Aziz Iqbal, dari STIE YKPN dan juara 3 Rosnita Damayanti dari UTY.
Melihat begitu majunya pengelolaan organisasi KSPM berikut keaktifan dan berbagai prestasi yang pernah diraih, Johny menyampaikan bahwa KSPM UTY diminta untuk memberikan materi dan motivasi bagi organisasi mahasiswa bidang pasar modal di UMBY, ungkap Johny.
Sementara itu di tempat terpisah Dra. Fran Sayekti, MBA, Akt., CA. Pembina KSPM UTY menyampaikan bahwa kompetisi stocklab tidak hanya mencakup pemahaman tentang investasi, melainkan juga tentang aksi korporasi seperti rights issue, dividen, dan stock split. Sehingga, kompetisi ini sangat bermanfaat bagi mahasiswa untuk mengenal dan merasakan bagaimana pengambilan keputusan yang diambil oleh sebuah korporasi.

menu
menu