Mahasiswa Arsitektur UTY Kembali Raih Juara Nasional

Mahasiswa Arsitektur UTY Kembali Raih Juara Nasional

Mahasiswa Arsitektur UTY Kembali Raih Juara Nasional


 

Mahasiswa Universitas Teknologi Yogyakarta (UTY), kembali ukir prestasi di tingkat nasional. Kali ini, 2 mahasiswa dari Prodi Arsitektur UTY, berhasil menjadi juara 1 lomba desain masjid dan bale wargi, dalam kegiatan Yahintara X Oky Kusprianto Award 2021. Kegiatan lomba ini diselenggarakan oleh Yayasan Arsitek Hijau Nusantara (Yahintara) yang bekerja sama dengan Dinas Perumahan dan Pemukiman Kabupaten Garut, dan Ikatan Arsitektur Indonesia (IAI) Jawa Barat. Adapun mahasiswa UTY yang berhasil menjadi pemenang tersebut ialah Ardhi Rizkiawan dan Andri Yuliyanto. Keduanya merupakan mahasiswa dari angkatan 2017. 

 

Kegiatan sayembara desain ini diikuti oleh 107 kelompok peserta, yang berasal dari 47 Perguruan Tinggi (PTN dan PTS) dari seluruh Indonesia. Dalam kegiatan lomba ini, tim dari UTY berhasil menjadi juara 1, yang kemudian diikuti oleh tim dari Tanri Abeng University dan Univesitas Islam Indonesia, masing-masing sebagai juara kedua dan ketiga.

 

Ardhi selaku perwakilan tim dari UTY, menyebutkan dalam mengikuti lomba ini, timnya mengangkat konsep “healthy inside, healthy outside” yang dikombinasikan dengan unsur rumah adat Garut atas rancangan desainnya. Lebih lanjut, Ardhi menyatakan dalam rancangan desain timnya, mereka berfokus pada 3 aspek utama dalam desainnya yaitu healthy buildinghealthy landscape dan zero energy. Harapannya, melalui rancangan desain yang diajukan, masjid dan bale wargi Kp. Ancol Desa Sindanggalih, Kabupaten Garut, dapat menjadi bangunan publik sehat, yang dapat mewadahi berbagai jenis kegiatan warga setempat. 

 

Endang Setyowati selaku Kaprodi Arsitektur Program Sarjana UTY, menyampaikan sangat mengapresiasi atas kemenangan mahasiswa Prodi Arsitektur kali ini, pada ajang sayembara desain di tingkat nasional. “Kemenangan mahasiswa UTY kali ini, kembali menunjukan kualitas dari mahasiswa UTY, yang mampu bersaing dengan mahasiswa lain dari berbagai perguruan tinggi besar lainnya secara nasional (PTN maupun PTS)” ujar Endang Setyowati. 

 

Lebih lanjut, Endang Setyowati turut memberikan pesan kepada mahasiswa Arsitektur UTY, untuk selalu aktif mengikuti berbagai perlombaan, termasuk mengikuti sayembara desain seperti yang diadakan Yahintara tahun ini. Tentunya, pihak Prodi akan memberikan fasilitas berupa pembinaan (baik dari dosen maupun langsung dari alumni), kepada setiap mahasiswa UTY yang ingin mengikuti perlombaan di luar kampus. “Mengikuti perlombaan di luar kampus, akan menjadi pengalaman yang sangat bermanfaat bagi mahasiswa UTY, dalam rangka mendapatkan pengalaman dan mengasah kompetensi mereka. Sebagai bonusnya, hasil dari perlombaan tersebut, akan menambah koleksi portofolio dari mahasiswa tersebut” kata Endang Setyowati. 

menu
menu