Mahasiswa Arsitektur UTY Lolos Hibah Pendanaan Dari Pemerintah Pusat

Mahasiswa Arsitektur UTY Lolos Hibah Pendanaan dari Pemerintah Pusat

Mahasiswa Arsitektur UTY Lolos Hibah Pendanaan dari Pemerintah Pusat


Mahasiswa Universitas Teknologi Yogyakarta (UTY), kembali raih hibah pendanaan dari Pemerintah Pusat. Kali ini, melalui Himpunan Mahasiswa Arsitektur UTY, sebanyak 12 mahasiswa prodi Arsitektur, berhasil terpilih dan lolos, sebagai salah satu penerima hibah, atas Program Holistik Pembinaan dan Pemberdayaan Desa (PHP2D) tahun 2021. Hibah ini, merupakan program tahunan yang diselenggarakan, oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi RI, melalui Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan. Diketahui, pada tahun ini, tim dari mahasiswa UTY, berhasil memperoleh pendanaan sebesar Rp35.000.000, atas proposal yang diajukan.


Adapun ke-12 mahasiswa UTY, yang berhasil meraih hibah tersebut, ialah Ridho Rinal Haqqo, Winda Ayu Febriyanti, Wahyu Sakrisna Mukti, David Oktrianto, Syafrin, Mohammad Imron Rabbani, Oktavianus Carlo Gon, Gustiana Pangesti, Demayanthi Ayu P, Eka Sofianti, Azhani Marceliana Br.H, dan Yolanda Diah Ayu W. Tentunya, ke-12 mahasiswa tersebut, merupakan anggota aktif dari Himpunan Mahasiswa Arsitektur UTY. Mayoritas, dari mahasiswa yang berhasil memperoleh hibah tersebut, diketahui merupakan mahasiswa dari angkatan tahun 2018 dan 2019.


Hibah PHP2D ini merupakan hibah tahunan, yang secara rutin, selalu ditawarkan oleh Kemdikbud Ristek RI, kepada mahasiswa melalui organisasi kemahasiswaan di kampus. Melalui hibah ini, pemerintah mengharapkan, organisasi kemahasiswaan yang nantinya terpilih, mampu berkontribusi kepada masyarakat di suatu desa, agar kemudian terbangun sebuah desa binaan yang aktif, mandiri, berwirausaha dan sejahtera. Artinya, organisasi kemahasiswaan yang terpilih, akan melakukan pembinaan pada sebuah desa. Targetnya ialah, agar desa binaan tersebut, dapat menjadi desa yang mandiri, dan memiliki peluang, untuk memperoleh sumber-sumber penghasilan terbaru. Dalam rangka mengikuti program ini, diketahui judul proposal yang diajukan tim mahasiswa UTY, hingga kemudian dinyatakan lolos pendanaan, yaitu berjudul “Pengembangan Potensi Budidaya Ikan, Pengelolaan dan Pemanfaatan dengan Penerapan Teknologi di Era Industri 4.0 di Desa Selomartani, Kecamatan Kalasan, Kabupaten Sleman”.


Joko Sutopo, S.T., M.T, selaku Wakil Rektor IV Bidang Kreativitas, Inovasi dan Kewirausahaan UTY, dalam pesannya, kembali menyampaikan apresiasi dan ucapan selamat, kepada 12 mahasiswa UTY, yang tahun ini, kembali berhasil meraih Hibah PHP2D, dari Kemdikbud Ristek RI. Hal ini, kembali menunjukan kualitas dari mahasiswa UTY, yang mampu bersaing secara nasional.


“Tentunya, saya merasa sangat senang, mendapati kabar bahwa mahasiswa UTY, kembali berhasil meraih hibah PHP2D pada tahun ini. Artinya, UTY memang sudah dipercaya oleh pihak Pemerintah, mampu merealisasikan dengan maksimal, setiap program pengabdian masyarakat, melalui desa yang telah dibina oleh mahasiswa UTY. Terbukti, setiap tahunnya, terdapat mahasiswa UTY, yang berhasil lolos menerima hibah pendanaan ini” ucap Joko dalam pesannya.


Lebih lanjut, Joko juga menyampaikan, agar tim mahasiswa yang terpilih, dapat secara maksimal melakukan proses implementasi, atas setiap program yang telah diajukan dalam hibah ini. Dalam prosesnya nanti, tentunya UTY akan menunjuk dosen, yang akan senantiasa, melakukan pendampingan dan pembinaan kepada mahasiswa, agar prosesnya nanti dapat menjadi lebih lancar, dan setiap target, atas kegiatan pengabdian masyarakat ini, dapat dicapai dengan lebih mudah dan maksimal.


menu
menu