Mahasiswa Dan Alumni UTY Kembali Raih Prestasi Di Tingkat Nasional

Mahasiswa dan Alumni UTY Kembali Raih Prestasi di Tingkat Nasional

Mahasiswa dan Alumni UTY Kembali Raih Prestasi di Tingkat Nasional


Mahasiswa Prodi Arsitektur Universitas Teknologi Yogyakarta (UTY) yang berkolaborasi dengan alumni, berhasil memenangkan juara 3 pada Sayembara Desain Nasional “Rumah Susun Rendah Energi”, yang digelar oleh Institut Teknologi Bandung (ITB). Adapun mahasiswa yang memenangkan lomba tersebut ialah Eka Sofiyanti dan Akhmad Fauzy Mursalim. Sedangkan alumni yang dimaksud ialah Ridho Arinal Haqqo, yang merupakan alumni dari Prodi Arsitektur UTY.


Sayembara yang digelar oleh ITB ini ditujukan untuk mengembangkan desain Rumah Susun Mahasiswa (Rusunawa) berbentuk vertikal. Karena kelangkaan lahan dan mahalnya harga lahan di perkotaan, sehingga rumah susun bergaya vertikal dipilih agar rumah susun dapat tumbuh ke atas tanpa mengurangi luasan lahan di sekitarnya.


Eka, Fauzy, dan Ridho, lantas membuat desain karya bertajuk Rumah Grubuh (Grup dan Tumbuh). Desain ini ditujukan untuk membangun rumah susun bagi mahasiswa agar mereka dapat tumbuh bersama di lingkungan yang sehat, sekaligus menjadi tempat untuk ruang diskusi, olahraga, dan rekreasi, tetapi tetap mempertahankan nuansa lokalitas yang dikemas dalam desain bergaya modern.


Saat dihubungi, Eka, Fauzy, dan Ridho, mengaku bangga karena karya mereka mendapatkan apresiasi dalam ajang lomba tersebut. “Senang rasanya karya kita diapresiasi oleh juri-juri yang kompeten”, ungkap ketiganya.


Kaprodi Arsitektur UTY, Dr. Ir. Endang Setyowati, M.T., yang ditemui diruangannya, mengaku bangga dengan mahasiswa dan alumni yang memenangkan lomba tersebut. Terlebih lomba yang diikuti merupakan kompetisi di skala nasional, dan kembali membuktikan kualitas dari mahasiswa maupun alumni UTY.


 “Kami ucapkan selamat kepada Eka Sofiyanti, Akhmad Fauzy Mursalim, dan Ridho Arinal Haqqo, kolaborasi antara alumni dan mahasiswa memang sangat penting, dan ini adalah bukti bahwa kolaborasi tersebut dapat menghasilkan prestasi”, ungkap Endang.


Mengakhiri pesannya, Endang juga berharap atas raihan prestasi kali ini, dapat semakin memotivasi mahasiswa UTY lainnya, utamanya bagi mahasiswa Prodi Arsitektur UTY untuk senantiasa bersemangat mengikuti berbagai kegiatan, termasuk kompetisi sejenis ini, demi mengumpulkan berbagai pengalaman penting, yang akan memberikan dampak positif bagi mahasiswa tersebut kedepannya.


menu
menu