Mahasiswa HI Ukir Juara Nasional Karya Tulis

Mahasiswa HI Ukir Juara Nasional Karya Tulis

Mahasiswa HI Ukir Juara Nasional Karya Tulis

Kematangan menulis, daya inovasi dan kemauan yang gigih, menjadi modal untuk sukses. Hal itu yang dibuktikan oleh Evania Hermalina Samay dan Oscar Dela Hoya Hasibuan, mahasiswa Hubungan Internasional UTY. Keduanya berhasil memeroleh juara pertama dan kedua dalam Lomba Karya Tulis Ilmiah Nasional Adikari KOMTIF MMTC Kominfo pada 11-12 Oktober lalu di Yogyakarta.

Evania Hermania Samay, mengusung judul“Creative Internet of Thing for Recruitment and Job Search Aplication (Marigawe): Aplikasi Berbasis Internet of Thing (IoT) Guna Menyediakan Program Proses Pencarian Jobseeker dalam Mining Industries.” Sementara Oscar Dela Hoya menulis karya tulis dengan judul “Innovation in Smart Urban Farming: Aplikasi Berbasis Internet of Thing (IoT) Guna Mendeteksi Kondisi Tanaman dan New Life Style Bertani Lingkup Perkotaan.” Karya tulis keduanya dibimbing oleh Hidayat Chusnul Chotimah, M.A., dengan mengembangkan teknologi informasi.

Evania menjelaskan bahwa Marigawe merupakan ide startup bidang aplikasi jobseeker yang berfokus pada perusahaan-perusahaan mining industry. Pengunaan fitur ini adalah untuk mempermudah perusahaan mining dapat menemukan para pencari kerja. Di sisi lain, para pencari kerja dapat mencari perusahaan terdekat dari area tempat mereka tinggal.

Inovasi yangdihadirkan pada ide aplikasi Marigawe di antaranya adalah fitur psycotest online, yaitu fitur yang dapat membuat proses seleksi dan penyaringan jobseeker lebih mudah dan efisien. Terdapat pula fitur job match, yaitu fitur yang dapat menunjukkan hasil test online sementara dan akan merekomendasikan para job seeker melihat perusahaan-perusahan yang sesuai dengan kemampuan mereka, dan yang terakhir adalah fitur radius detector, yang cara kerjanya sama seperti aplikasi layanan transportasi online.

Inovasi dari Oscar Dela Hoya lebih mengarah pada penggunaan teknologi di bidang pertanian. Dengan menggunakan sistem aplikasi, maka kontrol pada lahan pertanian yang dikerjakan, dapat selalu dipantau. Oscar menyasar pengguna aplikasi pada masyarakat urban yang memunyai kecenderungan waktu padat dan lahan sempit. Dengan adanya aplikasi ini, maka bertani pun dapat dilakukan kapan dan di mana saja sebab dapat dikontrol dari jarak jauh.

Dekan Fakultas Bisnis, Psikologi, dan Komunikasi, Dr. Junaidi, M.Si., C.A., Ak., menyampaikan bahwa tidak mudah untuk membuat karya ilmiah yang berkualitas. Junaidi sangat mengapresiasi prestasi mahasiswanya dan akan berkomitmen untuk terus mendorong mahasiswa semakin berprestasi di tingkat nasional maupun internasional.

menu
menu